bdadinfo.com

Temui Pengunjuk Rasa di Masjid Raya Sumbar, Gubernur: Kita Pastikan Jiwa dan Hunian Bapak/Ibu tidak Terusik - News

Temui Pengunjuk Rasa di Masjid Raya Sumbar, Gubernur: Kita Pastikan Jiwa dan Hunian Bapak/Ibu tidak Terusik (Humas Pemprov Sumbar )

- Temui pengunjuk rasa di Masjid Raya Sumbar pada Kamis, 3 Agustus 2023. Gubernur Sumbar menjamin jiwa dan rumah hunian warga Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tidak akan terusik.

Hal itu disampaikan di halaman Kantor Gubernur saat salat subuh di Masjid Raya Sumbar.

Mahyeldi memastikan, keamanan itu tidak hanya terhadap jiwa tapi juga untuk harta benda termasuk tempat tinggal dari setiap masyarakat yang ikut berdemo.

Baca Juga: Ini yang Disampaikan Gubernur Sumatera Barat Saat Temui Massa Aksi Demo Nagari Air Bangis

"Kita akan pastikan Bapak/Ibu aman, tidak hanya jiwa tapi juga rumah hunian Bapak/Ibu tidak akan ada yang terusik," tegasnya.

Masyarakat Air Bangis juga berdialog dan saling menyampaikan aspirasi masing-masing. Banyak fakta terungkap saat dialog itu, salah satunya adalah masyarakat merasa terancam sehingga takut untuk pulang sebelum tuntutan mereka dipenuhi, bahkan salah seorang diantara mereka ada yang meminta Gubernur untuk memberikan perlindungan dan menuangkannya secara tertulis.

"Sebelum ada hasil kami ga pulang pak. kami bisa terancam," ucap salah seorang pengunjuk rasa kepada Gubernur.

Baca Juga: 4 Hari Ratusan Masyarakat Air Bangis Demo Gubernur Sumbar, Kini Malah Datang Massa Tandingan Pendukung PSN!

Menyikapi informasi tersebut, Mahyeldi menegaskan tidak boleh ada ancaman. Dia kemudian menanyakan kepada para pengunjuk rasa yang hadir, siapa yang mengancam dan atas dasar apa ancaman itu dilakukan, namun pertanyaan tersebut tidak dijawab secara jelas oleh masyarakat.

Kepada para pengunjuk rasa, Mahyeldi berjanji akan menjamin keamanan semua masyarakat, baik selama berada di Padang ataupun saat akan kembali ke daerah asal.

Jika perlu, Mahyeldi mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar masyarakat dapat dikawal sampai kekampung halamannya nanti.

"Bapak/Ibu diancam terkait apa? jika terkait hasil panen nanti itu bisa dijual ke koperasi. Tapi jika terkait jiwa, kita akan minta pengawalan dari polisi, kita kawal sampai ke sana, InsyaAlah Bapak/Ibu akan aman," tegas Mahyeldi.

Kemudian masyarakat menekankan kembali kepada Gubernur, mereka ingin dipastikan, bisa memperoleh rasa aman selamanya, tidak hanya sementara, karena ini terkait dengan keberlanjutan hidup mereka dan keluarga sampai anak cucu nanti.

"Kami hanya ingin aman sampai selanjutnya pak, sampai anak cucu nanti. bukan cuman sementara pak," harap masyarakat Air Bangis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat