bdadinfo.com

5 Masjid Tanpa Kubah Paling Mempesona di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumatera Barat - News

5 Masjid Tanpa Kubah Paling Mempesona di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumatera Barat (aet.co.id)

 - Tak hanya sebagai tempat beribadah, sebuah masjid juga kerap menjadi landmark suatu daerah. Di masa sekarang, banyak masjid di Indonesia hadir tanpa kubah dan mengusung gaya yang lebih dinamis.

Sejalan dengan berjalannya zaman, masjid di tanah air juga ikut “berevolusi” dalam hal bentuk desain, salah satunya dengan menghilangkan elemen kubah yang membulat.

Mengusung gaya kontemporer nan modern, masjid tanpa kubah tak harus menjadi polemik. Ini dikarenakan masjid-masjid tersebut tetap memegang fungsi utama sesuai hakikat sebuah masjid yaitu tempat beribadah umat muslim.

Baca Juga: Komnas HAM Desak Polri Investigasi Kasus Penangkapan Warga Air Bangis di Masjid Raya Sumbar, Ada Sanksi?

Banyak masjid tanpa kubah yang mendapat sambutan positif hingga menerima penghargaan dari luar negeri berkat keindahan bentuk arsitektur yang menakjubkan dan indah.

Berikut beberapa masjid tanpa kubah di Indonesia yang mempesona berkat bentuknya yang unik dan indah.

1. Masjid Agung Cheng Ho Surabaya

Bertempat di Surabaya, Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho adalah masjid yang kental akan nuansa Tionghoa.

Baca Juga: Kapolda Sumatera Barat Konfirmasi Anggotanya Tidak Terlibat Penginjakan Tempat Ibadah di Masjid Raya Sumbar

Nama Cheng Ho sendiri diambil dari nama Laksamana asal Tiongkok yang beragama islam

Masjid Cheng Ho Surabaya tampil tanpa kubah dan mirip dengan bangunan klenteng ataupun pagoda khas negeri Cina. Meskipun begitu, masjid ini menghadirkan elemen islami yang familiar.

Jika ditelaah secara sesama, terdapat tulisan kaligrafi islam menghiasi delapan sisi atap pagoda yang berwarna dominan merah.

Diresmikan pada 2002, masjid ini adalah hasil inisiasi dari tokoh-tokoh masyarakat muslim Tionghoa di sekitarnya. Nama Cheng Ho juga banyak dipakai oleh beberapa masjid Tionghoa serupa seperti yang ada di Palembang yang juga dikenal dengan nama Masjid Sriwijaya dan Banyuwangi

2. Masjid Baitus Shobur atau Masjid 99 Cahaya Lampung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat