bdadinfo.com

Juara! Dua Ilmuwan Asal Minangkabau Ini Sukses Jadi Pakar Virus Komputer hingga Ahli Fiqih - News

Ilmuwan Minangkabau sukses jadi pakar virus komputer, Ahlul Faradish hingga ahli fiqih  Elly Warti Maliki  (paling kanan) (Kolase Instagram @eryrinaldi dan Instagram @ahlul_faradish)

- Tak ada habisnya membicarakan tokoh-tokoh inspiratif dan sukses asal Minangkabau.

Kali ini 2 tokoh keturunan Minangkabau berikut sukses menjadi ilmuwan dalam bidang komputer serta bidang agama Islam. Tepatnya para tokoh ilmuwan ini dikenal sebagai pakar virus komputer serta ahli fiqih.

Yang pertama adalah Ahlul Faradish Resha lahir di Payakumbuh, Sumatera Barat pada 8 Juni 1985. Ahlul Faradish Resha dikenal sebagai ahli dalam hal teknologi Informatika dan komputer. Ahlul bahkan dijuluki sebagai pakar antivirus komputer.

Baca Juga: Atlet Tampan Asal Sumatera Barat, Aero Sutan Aswar Juara Dunia Jetski Internasional World Finals

Sebagai lulusan Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Ahlul telah membuat software yang disebutnya site blocker software.

Software ini masuk ke dalam 10 nominator dan mendapatkan anugerah penghargaan Youth National Science and Technology Award yang diselenggarakan Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga.

Pada 2007, tepat di hari peringatan Sumpah Pemuda, Ahlul dianugerahi penghargaan khusus bagi pemuda di bidang teknologi informasi dan komunikasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Baca Juga: Mengenal 5 Oleh-oleh dari Nagari Air Bangis, Wilayah di Sumbar yang Tiba-tiba Terkenal karena PSN

Yang kedua merupakan seorang ilmuwan wanita sang ahli fiqih keturunan Minangkabau.
Dia adalah doktor Elly Warti Maliki, lahir di Padang, Sumatera Barat pada 30 Oktober 1959.

Elly merupakan seorang aktivis profesional dan ahli ilmu fiqih Islam berkebangsaan Indonesia.

Doktor Elly Warti Maliki menjabat sebagai staf Konsulat Agung Brunei Darussalam di Jeddah Arab Saudi. Doktor Elly Warti Maliki bahkan mencatatkan namanya sebagai pendiri sekaligus pimpinan Taman Pendidikan Alquran dan Bahasa Arab Darul Ulum Jeddah, Kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Air Bangis, Jangan Lupa Bungkus Ikan Asin sebagai Oleh-oleh!

Elly juga tercatat sebagai anggota dewan pakar di lkatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) untuk wilayah Timur Tengah.

Bersama para temannya, Elly merupakan pendiri sekaligus menjabat Ketua Wihdah, suatu organisasi mahasiswa Indonesia di Kairo Mesir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat