bdadinfo.com

Main ke Danau Kaldera Toba Sumatera Utara Jadi Geopark Terbesar di Indonesia, Masuk Jajaran UNESCO Global 2020 - News

Main ke Danau Kaldera Toba Sumatera Utara Jadi Geopark Terbesar di Indonesia (Kemenparekraf.go.id)

- Provinsi Sumatera Utara memiliki spot kebanggaan yang begitu terkenal hingga ke mancanegara.

Merupakan geopark terbesar di Indonesia, Danau Toba menjadi spot wisata paling wajib dikunjungi ketika berkunjung ke provinsi ini karena pesona yang begitu megah.

Baca Juga: Kronologi Sengkarut PSN Air Bangis Versi Eks Wali Nagari Efif Syahrial: Demo Bukan Dilakukan Warga Air Bangis?

Danau Toba memikili ukuran panjang sampai 100 kilometer dan lebar 30 kilometer dengan titik terdalamnya mencapai 508 meter.

Berjarak 176 km ke arah Barat Kota Medan, danau ini terbentuk oleh aktivitas volkano-tektonik super hebat yang bahkan hampir melenyapkan seluruh populasi manusia di Asia.

Paska erupsi supervolcano pada gunung api Toba Purba, terjadi proses amblasan yang kemudian secara alami terisi oleh aor hujan hingga menjadikannya danau besar seperti sekarang.

Yang membuatnya tambah unik ialah adanya sebuah pulau, dengan ketinggian berkisar antara 900 hingga 1.600 meter dpl, bernama Pulau Samosir.

Baca Juga: Sah! 707 P3K Bakal Bertugas di Pekanbaru, Sudah Disetujui Pemerintah Pusat

Pulau Samosir ini terjadi akibat proses pengangkatan dasar danau pasca erupsi kaldera yang terjadi pada 74.000 tahun yang lalu.

Sekaligus sebagai akhir dari proses pencapaian kesetimbangan baru pasca-erupsi kaldera supervolcano.

Tidak hanya memiliki pulau di tengahnya, Danau Toba juga dikelilingi oleh perbukitan hijau cantik dengan lembah-lembah membentuk morfologinya.

Dengan segala kemegahan dan kecantikan yang dimilikinya, membuat Danau Toba dinobatkan sebagai Danau Kaldera terbesar di Dunia.

Hal ini ditetapkan oleh Dewan Eksekutif UNESCO pada tahun 2020 lalu dalam sidang je-209 yang diadakan di Paris.

Baca Juga: Daan Yahya: Sosok Asli Minang yang Jadi Gubernur Pertama Jakarta dan Pangdam Siliwangi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat