bdadinfo.com

Sambut HUT RI ke-78, Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Bukittinggi Berjalan Khidmat - News

Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Bukittinggi pada 17 Agustus 2023 dini hari  (Harianhaluan.com/Vesco)

- Wali Kota, Wakil Wali Kota, Forkopimda, ASN, TNI-Polri, Satpol PP, Pemuda Pancasila dan ratusan pelajar se-Kota Bukittinggi laksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti, Kamis 17 Agustus 2023.

Meskipun udara dingin usai hujan, apel kehormatan tersebut tetap terjaga dalam suasana khidmat yang dimulai tepat pada pukul 00.00 WIB.

Komandan Kodim 0304/Agam, Letkol Czi Renggo Yudi Ariesko, yang memimpin apel dengan penuh khidmat mengekspresikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pahlawan yang telah gugur sebagai bungga bangsa.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar besarnya pada 1 orang Pahlawan Nasional, 252 orang TNI Angkatan Darat, 8 orang Kepolisian, 25 orang Badan Pejuang, 23 orang Pejuang Sipil, 17 orang Pahlawan Tak Dikenal yang dikuburkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti ini," ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Pramuka Bukittinggi Gelar Pawai Taptu, Arak Obor Sonsong Hari Kemerdekaan Indonesia

Ia juga menyampaikan rasa hormat atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

Dalam upacara itu, ratusan pelajar turut mengambil bagian untuk mengenang pengorbanan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Renungan Suci yang diikuti para pelajar dirangkai dengan mengheningkan cipta bercahayakan lilin yang temaram dari sisi makam masing-masing pahlawan.

Kegiatan itu tidak hanya sebagai tanda penghormatan, tetapi juga sebagai bentuk kesatuan dalam menjaga warisan bersejarah.

Baca Juga: 54 Paskibraka Bukittinggi Dikukuhkan, Siap Kibarkan Bendera Pusaka yang Hanya Ada 3 di Indonesia

Para pahlawan yang telah gugur telah berjuang dengan kesucian hati dan jiwa, dan saat ini, warga Bukittinggi menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas pengorbanan mereka.

Upacara itu juga memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk menghargai nilai-nilai perjuangan yang membentuk bangsa dan menginspirasi untuk mempertahankan keutuhan negara.

Sebagai wujud kepedulian kolektif, apel kehormatan dan renungan suci tersebut menjadi landasan kuat untuk memastikan warisan para pahlawan terus dikenang dan dihormati oleh setiap generasi yang akan datang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat