bdadinfo.com

Berdampingan dan Bersilangan, Indahnya Tol Padang Pekanbaru Dibangun Berdekatan Jalur Rel Kereta Sumbar - News

Illustrasi Jalur rel Kereta di Surabaya berdampingan dengan jalan seperti Tol Padang Pekanbaru (Unsplash.com)

Tol Padang Sicincin merupakan segmen satu dari ruas tol Padang Pekanbaru yang akan segera rampung konstruksinya.

Ternyata, trase jalurnya berdampingan dan mengiris-iris jalur kereta api milik KAI di Sumatera Barat. Hal ini menambah keestetikan jalur tol yang disebut megah.

Jalur feeder yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS ini nantinya menghubungkan wilayah Sumatera Barat ke beberapa kota besar di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Jembatan Akar di Sumatera Barat Usianya Lebih dari Seabad, Seraya Berada di dalam Film Jumanji

Fakta unik dari jalan tol Padang Pekanbaru, tidak hanya heboh dan viral karena masalah pembangunannya, juga dengan keindahannya yang akan dirasakan penggunanya nanti.

Pertama, adanya fitur pendukung jalur tol yang dibangun dengan teknologi yang terbaru seperti jembatan yang melewati lembah-lembah dan terowongan megah yang menembus perbukitan.

Tak sampai situ, ternyata di beberapa titik jalan tol ini akan berdampingan dengan jalur kereta api di Sumatera Barat yang telah ada sejak masa penjajahan Belanda.

Baca Juga: Subuh Mubarokah di Mushalla Al Iman, Wali Kota Padang Hendri Septa Jemput Aspirasi Warga

Trase jalan tol ini juga akan saling bersilangan atau saling mengiris dengan jalur kereta api karena mengikuti kontur daratan di Sumatera Barat.

Contohnya adalah flyover yang akan dibangun di wilayah Nagari Buayan Lubuk Alung, Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Jembatan ini akan menyilang jalur rel di bawahnya.

Jika sudah rampung nanti, pengguna tol akan menikmati sensasi melewati jalan kereta api di bawahnya, apalagi kalau bertepatan dengan kereta yang benar-benar sedang melintas.

Baca Juga: Sengit! Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Semakin Panjang, Turki Singkirkan Amerika Serikat Jadi Investor

Selain di wilayah nagari ini, ada pula jembatan flyover yang sudah jadi dan terlihat kokoh bangunannya di wilayah yang lebih dekat ke Kota Padang.

Flyover tersebut disebut jembatan Pasar Usang dan lokasinya ada di Sungai Buluh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat