bdadinfo.com

Misteri Kerajaan Pajajaran Menghilang Bersama Prabu Siliwangi ke Alam Gaib dan Tidak Pernah Ditemukan - News

Misteri Kerajaan Pajajaran Menghilang Bersama Prabu Siliwangi ke Alam Gaib dan Tidak Pernah Ditemukan

- Pakwan Pajajaran atau Pakuan atau Pajajaran adalah ibu kota dari Kerajaan Sunda yang pernah berdiri pada tahun 932-1579 M di Tatar Pasundan, wilayah barat pulau Jawa.

Pada masa lalu, di Asia Tenggara terdapat kebiasaan menyebut nama kerajaan dengan nama ibu kotanya, sehingga Kerajaan Sunda sering disebut sebagai Kerajaan Pajajaran.

Menurut peta Portugis, lokasi Pajajaran berada di suatu wilayah yang saat ini merupakan bagian dari Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Legenda si Penyumpit, Cerita Rakyat Terpopuler dari Bangka Belitung

Sumber utama sejarah yang mengandung informasi mengenai kehidupan sehari-hari di Pajajaran dari abad ke-15 sampai awal abad ke-16 dapat ditemukan dalam naskah kuno Bujangga Manik.

Nama tempat, kebudayaan, dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat pada masa itu digambarkan secara terperinci dalam naskah kuno tersebut.

Kerajaan Pajajaran adalah kerajaan yang bercorak Hindu di Jawa Barat kerajaan yang berpusat di Pakuan ini juga sering disebut dengan negeri Sunda Pasundan atau pakuan Pajajaran.

Baca Juga: Tolak Lamaran Mahkota Raja Aceh, Pilih Kekasihnya Seorang Pembantu, Legenda Lubuk Emas Bukti Nyata Kesetiaan

Kerajaan ini didirikan pada tahun 923 masehi oleh Srijaya Bupati ibukota Kerajaan Pajajaran berada di wilayah Bogor.

Sementara itu wilayah kekuasaannya melingkupi Jawa Tengah Jakarta dan Jawa Barat saat dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi pada 1482 sampai 1521 masehi. Kerajaan Pajajaran pernah mencapai puncak keemasannya.

Lantas Bagaimanakah Kerajaan Pajajaran ini bisa menghilang?

Sejarah Kerajaan Pajajaran tidak dapat lepas dari kerajaan-kerajaan pendahulunya seperti Kerajaan Tarumanegara Kerajaan Sunda dan Galuh serta Kawali.

Hal ini disebabkan pemerintahan Kerajaan Pajajaran merupakan kelanjutan dari kerajaan-kerajaan tersebut jejak Kerajaan Pajajaran dapat kita ketahui dari berbagai sumber sejarah

Seperti naskah kuno babad Pajajaran cerita Parahyangan cerita waruga guru prasasti Sanghyang tapak dan prasasti Kawali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat