bdadinfo.com

Mengenal Universitas Islam Sumut, Perguruan Tinggi Ternama di Medan dan Paling Tertua di Sumatera - News

Mengenal Universitas Islam Sumatera Utara, Perguruan Tinggi Ternama di Medan dan Paling Tertua di Pulau Sumatera./fK.uisu

- Sumatera Utara memiliki beberapa Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta, dan tidak diragukan lagi bahwa kampus di Medan memiliki nilai dan sejarah yang tidak terlupakan hingga saat ini.

Tetapi di satu sisi, tentu ada hal yang patut diperhatikan dari segi Lokasi, Nilai akademis, Akreditasi, Fakultas, Jurusan dan juga Fasilitas-fasilitas lengkap yang ada di dalam kampus tersebut.

Hari ini, kita akan membahas tentang salah satu kampus ternama di Sumatera Utara, tetapi juga menjadi kampus paling tertua di seluruh Pulau Sumatera yaitu, Universitas Islam Sumatera Utara.

Baca Juga: Disebut sebagai Tol Terindah di Sumatera, Tol Payakumbuh Pangkalan Segera Dibangun Usai Mangkrak 4 Tahun

Universitas Islam Sumatera Utara atau yang bisa disingkat sebagai (UISU), merupakan Perguruan tinggi swasta yang paling terkenal dan menjadi Kampus tertinggi yang berada di luar Jawa.

Kampus yang berlokasi di Jl. Sisingamangaraja Teladan, Kecamatan Medan Kota ini berada di Peringkat ke 17, pada tingkat nasional dan meraih Peringkat B dalam Akreditasi Institusi.

Selain itu, kampus ini berada di Peringkat 7, sebagai kampus terbaik di Kota Medan, dan juga meraih Peringkat 15.651 di dunia menurut versi Website Webo.

Baca Juga: Wajah Madinah di hati Aceh, Eksplorasi Spiritual di Masjid Raya Baiturrahman

Kampus UISU, awalnya dibangun pada tanggal 7 Januari 1951, yang dipelopori oleh oleh tokoh pemuda islam seperti, Bahrum Jamil, Adnan Benawi, Sariani AS, Rivai Abdul Manaf Nasution, dan Sabaruddin Ahmad.

UISU mulanya membuka kelas persiapan Akademi Islam Indonesia (setara dengan kelas III SMA bagian A), dan dengan dukungan dari Bapak Abd. Hakim (Gubernur Sumatera Utara saat itu) dan Bapak K.H. A. Wahid Hasyim (Menteri Agama saat itu).

Kampus yang dulunya merupakan Akademi Islam Indonesia diubah menjadi Perguruan Tinggi Islam Indonesia (PTII), dan dimulailah peresmian kegiatan perkuliahan pertama pada tanggal 7 Januari 1952, untuk dimulainya Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan.

Baca Juga: Jenderal Bintang 2 Kelahiran Lampung Tiba di Bandara, Gubernur Edy Rahmayadi Langsung Sematkan Songket Melayu

Kampus UISU memiliki 9 Fakultas dan 26 Program Studi S-1, 3 Program Studi S-2, dan 1 Program Studi S-3 untuk Jurusan Ilmu Ekonomi dan Kebijakan, UISU bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

UISU Memiliki beberapa fasilitas penting yang bisa dinikmati oleh Mahasiswa dan Mahasiswi seperti, Fasilitas Olahraga, Perpustakaan, Sarana Ibadah, Kalender Pendidikan dan Free Hotspot.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat