bdadinfo.com

Deretan Kota Terbesar di Sumsel, Nomor. 3 Ntah Kapan Tidurnya, Nyaris 24 Jam Nonstop Seperti Palembang - News

Deretan Kota Terbesar di Sumsel, Nomor. 3 Ntah Kapan Tidurnya, Nyaris 24 Jam Nonstop Seperti Palembang

HARIANHALUAN.COM - Sumatera Selatan adalah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Selatan pulau Sumatera. Ibu kota Sumatera Selatan berada di kota Palembang.

Dan pada tahun 2021 penduduk provinsi ini berjumlah 8.550.849 jiwa. Secara geografis, Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kepulauan Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Bengkulu di barat.

Provinsi ini kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu, ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kedatuan Sriwijaya.

Baca Juga: Cerita Siti dan Sudin, 2 Orangutan Korban Perdagangan Satwa Liar Makin Pintar Hidup di Alam Liar

Provinsi Sumatra Selatan secara astronomis terletak antara 1–4° Lintang Selatan dan 102–106° Bujur Timur, dan luas daerah seluruhnya adalah 87.017.41 km2.

Masalah kependudukan di antara lain meliputi jumlah, komposisi dan distribusi penduduk merupakan masalah yang perlu diperhatikan dalam proses pembangunan.

Jumlah penduduk yang besar merupakan salah satu modal dasar pembangunan, tetapi dapat juga menjadi beban dalam proses pembangunan jika mempunyai kualitas yang rendah.

Oleh sebab itu untuk menunjang keberhasilan pembangunan nasional dalam menangani permasalahan penduduk pemerintah tidak saja mengarahkan pada upaya pengendalian jumlah penduduk tetapi juga menitikberatkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Baca Juga: Bukan Lagi BI Checking, Ini Cara Cek Skor Kredit Online di SLIK OJK

Di samping itu program perencanaan pembangunan sosial di segala bidang harus mendapat prioritas utama yang berguna untuk peningkatan kesejahteraan penduduk.

1. Kota Prabumulih

Deretan Kota Terbesar di Sumsel, Nomor. 3 Ntar Kapan Tidurnya, Nyaris 24 Jam Nonstop Seperti Palembang
Deretan Kota Terbesar di Sumsel, Nomor. 3 Ntar Kapan Tidurnya, Nyaris 24 Jam Nonstop Seperti Palembang

Prabumulih adalah kota di Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Dahulu, Prabumulih berstatus sebagai kota administratif dari kabupaten induk, Muara Enim, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 1982.

Dengan berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2001 Tanggal 21 Juni 2001 tentang Pembentukan Kota Prabumulih, status Prabumulih telah ditingkatkan menjadi Kota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat