bdadinfo.com

Kalahkan Ampera di Palembang! Jembatan Ini Jadi yang Terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera, Betulkah? - News

Ilustrasi jembatan terpanjang di jalan tol trans sumatera (Unsplash.com)

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) adalah Proyek Strategis Nasional atau PSN yang menghubungkan kota-kota di Pulau Sumatera.

Jalan bebas hambatan yang menghubungkan Lampung hingga Aceh ini akan memiliki jembatan yang disebut sebagai yang terpanjang di Indonesia sebagai bagian dari jalur tol.

Jembatan yang panjangnya mengalahkan jembatan Ampera ini lokasinya berada di ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung.

Baca Juga: Wakil Waki Kota Padang Ekos Albar Berharap KAN Pauh IX Terbaik Tingkat Sumbar 2023

Jembatan tol terpanjang di Indonesia ini dinamakan Jembatan Musi 5 dan bentangannya mencapai 1,7 kilometer yang melintasi sungai Musi yang dikenal besar.

Pembangunan jembatan dan ruas tol tersebut terus dikebut progresnya agar bisa selesai sesuai target yaitu tahun 2023 ini dan segera dibuka untuk umum.

Alasan kenapa Jembatan Musi 5 ini memiliki bentangan yang panjang karena harus melintasi sungai Musi yang dikenal sungai terpanjang dan terlebar di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Kisah Mitologi Khas Minangkabau, Inyiak Balang Sang Harimau Legenda Klasik

Dengan jembatan ini, tol Kayu Agung-Palembang-Betung ini akan menyeberangkan pengguna jalan tol dari Provinsi Jambi ke Palembang, Sumatera Selatan.

Jembatan yang memiliki panjang 1,7 kilometer ini dalam pembangunannya mengusung metode Balance Cantilever untuk desainnya.

Metode tersebut adalah sebuah inovasi konstruksi yang bentuk struktur jembatannya berdiri sendiri tanpa banyak tiang penyokong dibawah jalannya.

Baca Juga: Aceh Punya Destinasi Desa Wisata Waduk Paya Seunara, Jadi Spot Hidden Gem untuk Menikmati Golden Hour

Balance Cantilever digunakan untuk konstruksi jembatan tol ini agar aktivitas perairan sungai Musi seperti lalu lintas kapal dapat tetap berjalan tanpa terganggu adanya proyek jembatan ini.

Bentang panjang jembatan tol Musi 5 ini tercatat ke dalam rekor baru sebagai jembatan tol terpanjang di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat