bdadinfo.com

Mengenal Rumah Anyaman Rotan di Desa Nagari Pariangan Sumatera Barat yang Dibangun Tanpa Paku - News

Mengenal Rumah Anyaman Rotan di Desa Nagari Pariangan Sumatera Barat yang Dibangun Tanpa Paku dan ada Masjid Mirip Kuil Tibet/Gurusiana


– Begitu unik rumah adat di berbagai daerah di Indonesia salah satunya ada di Sumatera Barat.

Memiliki ciri khas unik membuat rumah ini dijadikan sebagai budaya lokal, tepatnya berada di salah satu desa Nagari Pariangan, Sumbar.

Desa ini memiliki rumah yang khas terbuat dari anyaman rotan dengan beratap runcing lalu dibangun tanpa menggunakan paku.

Baca Juga: Tak Lekang oleh Waktu, 3 Tradisi Minang Ini Masih Eksis Terjaga Kelestariannya

Ada juga Rumah Gadang khas Sumbar yang dibuat bertingkat-tingkat namun tetap terlihat rapi mengikuti pola lereng gunung.

Walaupun atap rumah di desa Pariangan ini berbentuk runcing dan terlihat tua tetap terjaga keontentikan dan keunikannya.

Jika mengunjungi desa ini maka mata kalian akan dimanjakan dengan jalan kelok dan hamparan sawah subur serta pohon yang rimbun.

Baca Juga: Cek Prakiraan Cuaca Objek Wisata di Sumbar Hari Ini, Bakal Diguyur Hujan?

Jika kalian berangkat dari Bukittinggi maka desa ini berjarak tempuh 35 km sedangkan dari ibu kota Sumatera Barat, Padang sekitar 95 km.

Dilansir dari indonesia.go.id, desa Pariangan memiliki posisi yang sama dengan salah satu desa di Kanada yaitu desa Niagara on The Lake.

Desa ini berada di lereng Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dan terletak di antara kota Padang Panjang dan Batusangkar.

Baca Juga: Terhenti Karena Pandemi, Padang Lanjutkan Kerja Sama dengan Provinsi Ba Ria Vung Tau

Desa ini sangat sejuk dan nyaman karena terletak di ketinggian 500-700 mdpl. Bukan hanya itu terdapat masjid dengan bangunan yang sangat unik.

Masjid ini memiliki arsitektur atap mirip dengan kuil di Tibet dan telah dibangun abad 19 oleh seorang ulama terkemuka.

Desa Pariangan ini terletak di ketinggian 500-700 mdpl sehingga membuat desa ini terasa sejuk dan nyaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat