bdadinfo.com

Tak Sengaja Masuk Pukat, Ikan Hiu Paus Mati di Pantai Salido Pesisir Selatan - News

Tak Sengaja Masuk Pukat, Ikan Hiu Paus Mati di Pantai Salido Pessel

News - Sebuah video beredar di media sosial Instagram, menunjukkan seekor ikan hiu paus (Rhincodon Typus) terdampar di pantai di belakang Puskesmas Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa, 24 Mei 2022.

Berdasarkan keterangan pengirim video, Ardian kepada ikan yang yang termasuk spesies terancam punah tersebut pertama ditemukan pada sekitar pukul 07.00 pagi.

Menurut Ardian ikan tersebut sampai ke darat karena tidak sengaja terseret oleh pukat nelayan setempat.

Baca Juga: DPRD Sampaikan 30 Rekomendasi pada Rapat Paripurna LKPJ Bupati Pessel 2021

"Ikan itu tidak sengaja masuk ke dalam pukat, waktu kejadian sekitar pukul 07.00," katanya.

Berdasarkan keterangan video, ikan itu mati tak berselang lama setelah terseret ke darat dan hingga sore ini, Ardian menyebut bangkai ikan tersebut masih berada di lokasi penemuan.

Hingga berita ini dirilis, telah berusaha menghubungi Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, tapi belum mendapat informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Adanya Keluhan Wisatawan Terkait Retribusi di Kawasan Masjid Terapung, Dispar Pessel Angkat Bicara

Sebagai informasi, dikutip dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, hiu paus termasuk ke dalam apendiks II Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), yang artinya perdagangan internasional untuk komoditas ini harus melalui aturan yang menjamin pemanfaatannya tidak akan mengancam kelestariannya di alam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat