bdadinfo.com

Polisi di Trenggalek Lakukan Pelatihan BLS untuk Anggotanya - News

Polisi di Trenggalek Lakukan Pelatihan BLS untuk Anggotanya (Humas)

 – Menyusul dengan adanya gempa bumi di Cianjur membuat setiap aparatur negara diharuskan siap dalam bagaimana menangani korban bencana ataupun kecelakaan.  

Aparatur negara adalah salah satu lembaga yang sangat dibutuhkan warga ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi di daerah tempat mereka tinggal.

Kebutuhan ini disadari oleh Polres Trenggalek. Dilansir dari humas.polri.go.id Polres Trenggalek sebagai anggota polri yang kerap bersentuhan langsung dengan aktivitas masyarakat setiap hari wajib mengetahui BLS (Basic Life Support).

Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur, Polri: Jumlah Korban Hilang Capai Segini

BLS adalah sebagai langkah awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas atau henti jantung (cardiacarrest).

Guna mendukung hal tersebut, Polres Trenggalek bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung menggelar pelatihan BLS bagi jajarannya di lapangan apel Mapolres yang diikuti oleh para pejabat utama serta seluruh anggota pada Rabu, 23 November 2022.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Wakapolres Kompol Sunardi, S.Pd. mengatakan dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, petugas Kepolisian sering kali harus mendatangi TKP seperti kecelakaan lalu lintas, orang tersengat listrik dan lain-lain dengan kondisi korban yang tidak sadarkan diri atau mengalami gangguan jalan nafas.

Selain pemaparan teori, petugas Kesehatan dari RS Bhayangkara juga memberikan contoh dan praktik untuk melakukan BLS secara tepat. Untuk praktiknya, petugas Kesehatan tersebut menggunakan manekin sebagai objek praktek.

BLS ini tidak hanya dilakukan oleh tenaga kesehatan, namun setiap orang pada umumnya dapat melakukan dengan mempelajari langkah-langkahnya.” Ucap Kasidokkes Polres Trenggalek Aipda Lukman Hadi, A.Md.Kep. (*)

 

 

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat