bdadinfo.com

Kisah Pahit Pele dengan Indonesia, Kesal dengan Pemain Timnas ini - News

Pele

 

- Edson Arantes do Nascimento atau yang sering dikenal dengan Pele meninggal dunia pada Kamis, 29 Desember 2022. Pele meninggal dikarenakan kegagalan beberapa organ akibat kanker usus.

Pele yang merupakan salah satu pemain sepakbola terbesar di dunia dan legenda sekaligus simbol kedigdayaan Timnas Brasil meninggal di usia 82 tahun. Sebagai pemain legenda dalam sejarah sepakbola, ternyata Pele mempunyai kenangan dengan Indonesia.

Pele pernah bermain melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu 21 Juni 1972.

Saat itu sang legenda membela Santos, sepanjang karier profesionalnya ia hanya bermain untuk 2 klub yaitu Santos dan New York Cosmos. Cukup disayangkan pemain sebesar Pele tidak pernah menjajal kompetisi di Eropa.

Pele tampil bersama Santos saat ia menjajal rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pele ikut bertanding dalam tajuk laga persahabatan Santos melawan timnas Indonesia.

Dihadapan sekitar 75 ribu masyarakat Indonesia yang hadir memenuhi bangku SUGBK. Sayangnya, penampilan Pele di Jakarta jauh dari kata apik dan memuaskan. Alih-alih memukau publik Jakarta dengan gocekannya, Pele justru membuat kecewa dengan penampilannya.

Baca Juga: Kaleidoskop 2022: 10 Berita Terbesar di Indonesia yang Terjadi pada Tahun 2022

Ia bahkan sempat mendapat penalti dan menjadi eksekutor tendangan 12 pas tersebut. Namun, kecemerlangan kiper Timnas saat itu, Ronny Pasla mampu menghentikan tendangan pemain dengan 3 kali gelar juara Piala Dunia tersebut.

Pada akhirnya, pertandingan di Senayan itu dimenangkan oleh Santos. Pele, meski bermain buruk, ia tetap mencetak satu gol dari 3 gol kemenangan Santos.

Pertandingan berakhir dengan skor 3-2. Dua gol Santos ke gawang Roni Paslah dicetak Jadel dan Edu. Sementara, dua gol Timnas Indonesia diborong Risdianto pemain asal Pasuruan. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat