bdadinfo.com

Awaloedin Djamin, Jenderal Bintang 4 dari Sumbar yang Dijuluki Bapak Satpam Indonesia - News

Mantan Kapolri, Awaludin Djamin (eSatpam.id)

- Awaloedin Djamin merupakan salah satu putra minang yang lahir di Padang, Sumbar, 26 Desember 1927 yang berhasil meraih pangkat jenderal penuh berbintang empat.

Awaloedin Djamin juga disebut sebagai bapak satpam Indonesia, dan sosok yang menjadi pencetus ide dan gagasan sistem keamanan keliling (Siskamling).

Awaloedin Djamin atau kerap dipanggil dengan nama Awal ini merupakan salah seorang polisi yang memiliki pengalaman dan pengabdian yang luas.

Hal ini terlihat dari perjalan hidup Awal yang tidak hanya sekedar menghabiskan hidupnya di dalam tubuh kepolisian, tetapi juga bergerak dan mengabdi di berbagai lembaga lainnya.

Tercatat beliau pernah bergerak di bidang pendidikan dengan menjadi dosen di PTIK, Sekopol dan pengajar di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas).

Baca Juga: Efek Pertama Kali Paska Operasi Caesar Yuliantika, Ternyata Ia Dirawat Hingga Dua Bulan Lamanya

Selain itu, Awal juga tercatat pernah menjadi Anggota DPRGR/MPRS tahun 1964-1966, Anggota MPR RI pada tahun 1971, dan pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja pada tahun 1966-1968.

Tak hanya itu, pada masa perjuangan kemerdekaan, Awaloedin Djamin pernah ikut serta dalam perang gerilya di Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai anggota tentara pelajar.

Saat itu Awal menjadi bagian dari Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang berpusat di Koto Tangah, Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bahkan sebelum menjadi Kapolri pada tahun 1978, Awaloedin Djamin juga pernah menjadi Duta Besar RI di Republik Federasi Jerman.

Ketika menjabat sebagai Kapolri, Awaloedin Djamin dihadapkan dengan masalah yang berat. Dimana disaat itu kepolisian memiliki citra yang buruk di masyarakat. Sedangkan di sisi lain kejahatan dan kekerasan meningkat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Laptop Core I7 Termurah dan Terbaru Tahun 2023, Ini kelebihannya

Namun dengan keberanian dan ketegasannya, Awaloeddin Djamin berhasil menindak tegas semua polisi-polisi nakal yang melanggar dalam kelembagaan Polri.

Kemudian Awal juga mencetuskan ide dan gagasannya mengenai sistem keamanan keliling (Siskamling), dimana didalam sistem ini melibatkan masyarakat sebagai penjaga keamanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat