bdadinfo.com

Rekomendasi Minuman Khas Sumbar Bercita Rasa Asam Menyegarkan dan Jarang Ditemui di Daerah Lain - News

Ilustrasi foto minuman khas Sumbar yang punya rasa asam dan menyegarkan (indonesiatraveler.id)

– Tak hanya dikenal dengan kuliner makanannya yang telah mendunia karena berlimpah rempah yang menggoyang lidah, Sumbar juga ternyata memiliki minuman khas dan unik yang memiliki citra rasa asam dan menyegarkan yang tidak bisa ditemui di daerah lain.

Untuk itu jika berkunjung ke Sumbar, ada baiknya meluangkan waktu untuk mencicipi berbagai minuman tradisional ini sehingga punya kenangan tersendiri dengan cita rasanya.

Terlebih lagi minuman khas ini juga mudah ditemui di pinggir jalan karena pedagang biasa menjajakannya menggunakan gerobak-gerobak es.

sudah merangkum beberapa deretan minuman khas yang menyegarkan dengan rasa unik yang asam dan menyegarkan dan hanya bisa ditemui saat berkunjung ke Sumbar.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Kenakan Jam Mewah Harga Fantastis Sebagai Perayaan Masuk Al-Nassr, Segini Harganya

Baca Juga: Berwajah Mirip Yoo Jae Suk, Jung Sung Il Ceritakan Kisah Cinta Saat Jadi Bintang Tamu

  1. Teh Talua

Teh Talua atau Teh Telur telah menjadi minuman favorit bagi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Menu minuman tradisional yang satu ini hampir selalu ada di setiap warung makanan bahkan di restoran Padang.

Minuman ini berbahan dasar dari campuran teh dengan telur. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Bahan yang diperlukan di antaranya serbuk teh telur, gula, jeruk nipis, dan telur. Telur yang digunakan bisa telur itik atau telur ayam kampung.

Cara membuat juga tidak sulit, pertama untuk membuat minuman ini adalah mengocok telur dengan campuran gula sampai mengembang. Selanjutnya tambahkan seduhan air teh yang panas dan emudian teh talua pun telah siap dihidangkan. Untuk menambah aroma yang menyegarkan, bisa ditambahkan pula sedikit perasan air jeruk nipis.

Baca Juga: Tak Hanya The Glory Season 2, Dua Drama Korea Original Netflix Ini Juga Akan Segera Tayang Musim Keduanya

Baca Juga: Gubernur BI Singgung Soal 5 Potensi Ketidakpastian Perekonomian Global, Begini Nasib Indonesia

  1. Ampiang Dadiah

Ampiang dadih atau ampiang dadiah adalah yoghurt tradisional khas dari Sumatera Barat (Sumbar) Minuman ini terbuat dari susu kerbau yang difermentasi Yang menjadikan makanan ini unik dan khas ialah pada penggunaan susu kerbau sebagai bahan baku dadih.

Untuk pembuatan dadih dibutuhkan susu kerbau murni. Susu tersebut disimpan dalam buluh bambu, lalu ditutup dengan daun pisang, dan didiamkan selama 2 hari pada suhu ruangan.

Dadih yang dihasilkan berbentuk gumpalan semi padat seperti tahu putih dengan tekstur lembut dan memiliki aroma serta citarasa khas, kombinasi aroma bambu dan susu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat