bdadinfo.com

Disebut Akan Pindah ke PAN, Ini Sepak Terjang Wiranto - News

Sepak Terjang Wiranto di Dunia Politik, Sempat Kena Musibah Saat Jadi Menkopolhukam

Wiranto memiliki sepak terjang karir yang cukup panjang mulai dari mengabdi di Tentara NasionaL Indonesia hingga terjun ke dunia politik.  Eks Menkopolhukan tersebut memang diketahui merupakan pendiri sekaligus mantan Ketua Umum Partai Hanura, tetapi kini ia di isukan pindah haluan ke PAN (Partai Amanat Nasional). 

Sepak terjang karir Wiranto di TNI atau Tentara Nasional juga tak kalah cermerlang yakni pernah menjabat sebagai Panglima TNI pada periode 1998 hingga 1999.  

Dilansir dari berbagi sumber inilah sepak terjang karir Eks Menkopolhukam di TNI hingga menduduki jabatan penting di lini pemerintahan. 

Baca Juga: Pengebom Tu-160M Kedua Rusia Jalani Uji Terbang, Makin Sulit Dideteksi Radar

Wiranto menapaki karir sebagai perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI AD mulai dari Korps Kecabangan Infanteri pada akhir 1968 setelah ia dilantik dari Akademi Militer Nasional magelang.

Kemudian ia juga mengikuti berbagai latihan, pendidikan, dan kursus yang bersifat pengembangan umum maupun spesialisasi seperti Sussarcab Infantri (1969), Suslapa Infantri (1976), Sekolah Staf dan, Komando (Sesko) TNI AD (1984), serta Lemhanas (1995), dengan prestasi sangat memuaskan sebagai siswa terbaik

Karir mantan Panglima TNI ini mulai menanjak naik setelah ia menjadi ajudan presiden pada tahun 1987 hingga 1991, kemudian menjabat Kasdam Jaya, Pangdam Jaya, Pangkostrad dan KSAD. 

Baca Juga: Buang Lansia Korban Kecelakaan Maut Depok, Pengemudi Ojol Ini Dijerat Pasal Berlapis

Lalu setelah menjabat sebagai KSAD,  Wironto diamanahi oleh Presiden Soeharto sebagai Panglima TNI hingga era Presiden B.J Habibie. 

Pada era pemerintahan Gus Dur, Wiranto dipercaya menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, namun tidak lama kemudian ia dinonaktifkan dan mengundurkan diri.

Setelah Wiranto sukses menyisihkan Partai Golkar yang saat itu diketuai oleh Ir. Akbar Tanjung, ia maju menjadi kandidat Presiden pada tahun 2004 bersama Salahuddin wahid namun sayangnya ia gagal menjabat sebagai Presiden.

Baca Juga: Hanura Ditinggal Pendirinya Wiranto ke PAN, Kader Cuma Bisa Curhat Begini

Yang mana kemudian pada tahun 2006, mantan Panglima TNI tersebut mendeklarasikan Partai Hanura dan  ia pun menjabat sebagai ketua umumnya. 

Meskipun pernah gagal dalam Pilpres tahun 2004, setelah pemilu legislatif 2009, Wiranto maju menjadi bakal calon wakil presiden pada pemilu 2009 bersama Jusuf Kalla sebagai capres. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat