bdadinfo.com

Pemain Naturalisasi Menjadi Prioritas Utama Bagi Shin Tae Yong, Reaksi Media Vietnam dan Kualitas Pemain Lokal Dipertanyakan - News

Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae Yong.  (Tangkap layar Instagram/@pssi)

- Meskipun pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam tinggal beberapa hari lagi, namun Pelatih Shin Tae Yong sudah mulai memantau Pemain Naturalisasi yang sedang bertanding di luar Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan, baru-baru ini mengunjungi ke Belanda untuk mengawasi perkembangan dari Rafael Struick dan Ivar Jenner, dua pemain Indonesia yang bermain di sana.

Selain itu, Pelatih Shin juga memantau tiga pemain yang sedang dalam tahap proses naturalisasi yaitu Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen.

Baca Juga: Diam-diam Sumatera Utara Mendunia! Punya Dua Terowongan Jadi Icon Jalan Tol Parapat Sepanjang 39 Km Seperti di Eropa Disajikan Pesona Danau Toba

Tentu saja, ini memberikan suntikan motivasi penting jelang menghadapi Vietnam, yang sama-sama mengincar kemenangan pada laga perdana pada Kamis, 21 Maret mendatang.

Dengan fokusnya pada pemain yang bermain di Belanda, tentu Shin Tae-yong berharap dapat memperkuat skuad Indonesia, dengan tambahan pemain berkualitas dari luar negeri.

Rafael Struick dan Ivar Jenner, saat ini merupakan dua pemain naturalisasi Indonesia yang sudah terbukti memiliki performa baik di level klub Liga Belanda.

Selain itu, Shin Tae-yong juga memberi perhatian khusus pada pemain seperti Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen, yang merupakan tiga pemain yang diharapkan dapat menambah daya saing timnas Indonesia di level internasional.

Baca Juga: Siap Jadi Penopang Kemajuan Ekonomi, Sumatera Utara Rela Bangun 2 Ruas Jalan Tol Terpanjang Ini, Resmi 2024!

Selain itu, Pelatih berumur 53 tahun percaya bahwa, kehadiran pemain Naturalisasi diharapkan dapat mendorong pemain lokal yang ada di Timnas, untuk tampil lebih kompetitif dari sebelumnya.

Di sisi lain, Shin Tae Yong juga berkunjung ke Belgia untuk melihat perkembangan dari Sandy Walsh, tatkala sedang menyaksikan langsung pertandingan antara KV Mechelen mengalahkan Cercle Brugge dengan skor 3-2, pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Meski hanya bermain sebentar, tetapu Sandy merasa senang mengetahui Shin menyaksikan aksi bermain secara langsung, dan sempat berbicara penting mengenai dua pertandingan melawan Vietnam.

"Saya siap untuk pertandingan di Bulan Maret, sangat penting menghadapi Vietnam,” ungkap Sandy, sebagaimana dikutip dari situs kanal Youtube Kehidupan Sandy Walsh, pada Senin, 4 Maret 2024.

Baca Juga: Hadiah Terindah Pemudik Lebaran! Jalan Tol Japek II Sadang Kutanegara Selatan Gratis Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 2024

Kegiatan Shin Tae Yong di Belanda, mendapatkan sorotan dari Media Vietnam yang merasaa khawatir jika Timnas Indonesia akan lebih banyak diperkuat Pemain Naturalisasi.

Dantri, salah satu media ternama di Vietnam mengetahui jika, Shin Tae Yong akan lebih mengutamakan pemain keturunan, dibanding dengan pemain lokal di Timmas Indonesia

“Tujuan pelatih asal Korea Selatan ke Belanda, untuk memantau pemain keturunan Indonesia yang sedang bermain,” tulis Dantri, sebagaimana dikutip dalam kutipan pada Minggu, 3 Maret 2024.

Apalagi, langkah yang dilakukan Shin Tae-yong untuk menurunkan pemain naturalisasi, mendapatkan dukungan penuh dari PSSI, terutama dibawah naungan Erick Thohir.

Mereka mulai cemas, karena bisa menjadi ancaman serius buat Timnas Vietnam, yang saat ini tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Group D nanti.

Baca Juga: Demi Bekasi dan Karawang Merdeka dari Banjir, 2 Bendungan Senilai Rp9,2 Triliun Siap Launching

“Pelatih Shin Tae yong pernah berkata bahwa 'Selama masih menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, akan tetap mengutamakan pemain naturalisasi meski mendapatkan kritikan',” tulis Dantri.

Meskipun memberikan keuntungan bagi Shin Tae Yong, tetapi bisa dibilang "Mengurangi" peran pemain lokal yang paling banyak mendominasi di Timnas Indonesia.

Walau ada beberapa pemain Timnas yang bermain di luar negeri seperti Pratama Arhan, Elkan Baggott, Marsellino Ferdinand dan Asnawi Mangkualam Bahar, tentu membuat Shin Tae Yong belum puas.

Kualitas pemain lokal di Timnas Indonesia, memang tidak jauh berbeda dibanding pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia, hanya saja saat ini kesempatan untuk bermain, harus melalui persaingan ketat.

Dengan mengutamakan pemain naturalisasi, apakah Shin Tae Yong mulai mengabaikan peran dari pemain lokal yang menjadi andalan utama di Timnas Indonesia, khususnya yang bermain di Liga 1 ?

Baca Juga: Satu Mana Cukup! Jawa Barat Bangun 2 Bendungan Baru dengan Nilai Kontrak Mencapai Rp9,2 Triliun

Kita nantikan langkah yang akan diambil oleh Pelatih asal Korea Selatan, dalam waktu dekat.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat