bdadinfo.com

Diam-diam Sumatera Utara Mendunia! Punya Dua Terowongan Jadi Icon Jalan Tol Parapat Sepanjang 39 Km Seperti di Eropa Disajikan Pesona Danau Toba - News

Punya 2 Terowongan dan Panjang 39 Km, Jalan Tol Ini Bertransformasi Jadi Jalan Terindah di Sumatera Utara Infrastruktur jalan tol menjadi fokus utama dalam pembangunan saat ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi waktu perjalanan dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

- Parapat Kelurahan yang berada di wilayah kecamatan Girsang sipangan Bolon Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara sangat terkenal dengan Keindahan Danau tobanya.

Kelurahan ini merupakan salah satu akses menuju ke Danau Toba dan Kabupaten Samosir yang berjarak sekitar 48 km dari kota Pematang Siantar.

Parapat menjadi salah satu titik persinggahan penting dari Jalan Raya Lintas Sumatera bagian barat yang menghubungkan Kota Medan dengan Kota Padang sekitar 174 KM.

Baca Juga: Siap Jadi Penopang Kemajuan Ekonomi, Sumatera Utara Rela Bangun 2 Ruas Jalan Tol Terpanjang Ini, Resmi 2024!

Atau setara dengan 4 jam perjalanan dari kota Medan menuju Parapat bila menggunakan jalan nasional. Jika saat ini per bulan Februari tahun 2024 jalan tol yang sudah dioperasikan adalah ruas Kuala Tanjung Tebing Tinggi.

Parapat atau kutepat seksi Tebing Tinggi Indrapura dan jalan tol ruas Indrapura kisaran seksi Indrapura 50 yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu tanggal 7 Februari tahun 2024.

Untuk seksi 3 Tebing Tinggi Serbelawan sudah mencapai 93,74% seksi 4 Serbelawan Pematang Siantar sudah mencapai 70,61% yang keseluruhannya merupakan ruas dari tol ketupat sepanjang 143,25 KM Adapun ruas tol Tebing Tinggi Kuala Tanjung Parapat.

Saat ini pembangunannya masih sampai di kota Pematang Siantar di kota tersebut akan dibangun dua gerbang tol yakni gerbang tol sinasak dan gerbang tol Simpang.

Pembangunan jalan tol tembus dari Pematang Siantar hingga ke Parapat Danau Toba Sumatera Utara ini sudah lama direncanakan dan bahkan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Baca Juga: Hadiah Terindah Pemudik Lebaran! Jalan Tol Japek II Sadang Kutanegara Selatan Gratis Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 2024

Jika sebelumnya perjalanan menuju destinasi super prioritas atau DSP Danau Toba menghabiskan waktu 4 jam perjalanan lewat jalur biasa namun bila melewati jalur tol.

Maka hanya memakan waktu kurang lebih 1,5 sampai 2 jam saja namun ada yang menarik jika ruas tol dari Pematang Siantar ke Parapat ini bila beroperasi tol ini akan melewati dua terowongan ya tol Parapat ini akan disertai dengan terowongan di dalam proses pembangunannya.

Dengan melewati dua terowongan tentu akan menjadi salah satu tol terindah di Indonesia Hal ini disebabkan karena ruas tol ini akan melewati perbukitan di kawasan pinggiran Danau Toba.

Yang merupakan kawasan pariwisata prioritas nasional pembangunan jalan tol yang tembus dari Pematang Siantar hingga ke Parapat Danau Toba sudah lama direncanakan dan sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat