bdadinfo.com

Tingkatkan Kualitas, Erick Thohir Ingin Naikkan Pamor Wasit Liga 1 dan Liga 2 - News

Ketua umum PSSI Erick Thohir terus meningkatkan kualitas, kini ingin menaikkan pamor wasit liga 1 dan liga 2. (Tangkapan Layar Situs Resmi/PSSI)

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menegaskan musim kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2013/2024 harus menjadi momen menaikkan kembali pamor wasit nasional.

Kredibilitas dan integritas wasit Indonesia yang di masa lalu selalu mengundang polemik di setiap akhir pertandingan, menurut Erick sudah waktunya tidak terjadi lagi.

PSSI ingin terus meningkatkan kualitas dan seleksi wasit yang akan bertugas.

Baca Juga: Jokowi, Prabowo, dan Erick Thohir Duduk Bersama Pada FMD Indonesia vs Argentina, Warganet: Kode kode

"Kami baru saja menuntaskan tahap pertama antara PSSI dengan JFA, organisasi sepakbola Jepang untuk menjadikan sistem perwasitan nasional yang komprehensif sehingga wasit Indonesia dapat bersaing di level dunia," ujar Erick di Jakarta akhir pekan lalu.

Seleksi wasit untuk Liga 1 dan Liga 2 yang melibatkan JFA menjadi langkah awal agar wasit lebih bersih, profesional, dan berintegritas.

Erick berharap dengan seleksi dan pelatihan wasit yang melibatkan JFA ini pertandingan Liga 1 dan Liga 2 di musim mendatang akan berjalan lebih fair dan menjunjung tinggi sportivitas.

Dengan demikian, tidak ada lagi anggapan miring penonton yang sudah mengetahui skor sebelum pertandingan dimulai.

"Ini proses menuju perbaikan wasit secara menyeluruh. Sebelumnya kita sudah memberikan jaminan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh wasit yang bertugas di Liga 1 maupun Liga 2. Kini melalui pelatihan dari JFA, maka hal itu akan meningkatkan kualitas wasit yang ujungnya berdampak bertambahnya jam terbang dan kepercayaan sehingga mereka akan sering bertugas dan pemasukannya naik," lanjutnya.

Baca Juga: Dapat Tawaran Erick Thohir untuk Gandeng Pemain Argentina, Rafathar Malik Ahmad Menangis karena Trauma

Langkah pertama yang dilakukan dalam kerjasama antara PSSI dan JFA meliputi pembenahan Top League Referee dengan menjalani seleksi ketat berdasarkan standard PSSI dan FIFA.

Seleksi wasit dan asisten wasit di tahun 2023/2024 melalui tiga tahap tes, yakni Fitness Test FIFA Kategori 2, Video Test, LOTG Tes.

Dengan pertimbangan aspek Football Development dan kesejahteraan untuk para wasit dan asisten wasit, maka PSSI menentukan kuota kursi untuk para wasit dan asisten wasit. Kuota kursi bagi wasit liga 1 adalah 18 kursi dan bagi asisten wasit liga 1 adalah 36 kursi.

Dengan demikian, rata-rata jumlah pertandingan yang akan dipimpin wasit dan asisten wasit sebanyak 17 kali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat