bdadinfo.com

Mengintip Stadion Teladan Milik Kota Medan, Stadion Bertaraf Asia di Sumatera Utara dengan Desain Eropa - News

Gambaran Stadion Teladan Setelah Renovasi

- Pemerintah Kota Medan saat ini sedang melakukan proses renovasi stadion warga Medan, yakni Stadion Teladan.

Stadion yang menjadi markas klub PSMS Medan tersebut menjadi bagian dari rencana renovasi stadion di seluruh Indonesia yang sedang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti sendiri sudah melakukan peninjauan ke stadion yang dibangun tahun 1952 tersebut. Rencananya renovasi Stadion Teladan akan dimulai Oktober 2023 dan akan rampung di tahun 2024.

Baca Juga: Tak hanya di Sumbar, Ternyata Jalan Tol Bengkulu akan Memiliki Terowongan yang Menembus Bukit

Menurut Kadipora Kota Medan, Pulungan Harahap, nantinya Stadion Teladan akan menjadi stadion bertaraf Asia dengan desain khas stadion Eropa.

"Stadion Teladan akan direnovasi menjadi stadion tertutup dengan kapasitas sekitar 20.000 single set tempat duduk. Jadi tidak ada lagi tempat duduk dari semen seperti yang ada saat ini," ungkap Pulungan pada Mei 2023 lalu.

Dengan begitu, stadion ini nantinya tidak hanya menjadi stadion sekelas Liga 1, tetapi bisa dijadikan venue untuk menggelar event bertaraf internasional seperti SEA Games dan Asian Games.

Baca Juga: Unjuk Rasa Warga Air Bangis Pasbar Ternyata Juga Diikuti oleh Anak-anak

Stadion Teladan baru nanti akan memiliki penutup atap dan tidak akan dilengkapi trek lari seperti yang ada di Stadion JIS dan Stadion Batakan, Balikpapan.

Pada bagian depannya, akan dibuatkan museum olahraga, di mana pengunjung bisa melihat memoar dari atlet-atlet yang pernah mengharumkan nama Kota Medan.

Dijelaskan juga bahwa bagian dari bangunan lama yang paling ikonik yaitu bagian menara akan tetap dipertahankan pada bagunan baru nanti.

Baca Juga: Dua Kota di Sumatera Ini Masuk dalam 7 Kota Metropolitan Terbesar di Indonesia, Kotamu Termasuk Tidak?

Tak hanya itu, Stadion Teladan juga akan dilengkapi dengan basement yang akan dipergunakan sebagai tempat parkir. Namun, kapasitasnya akan terbatas karena biaya operasionalnya yang dianggap cukup mahal.

Harapannya Stadion Teladan bisa digunakan untuk penutupan PON ke-21 yang akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara. Untuk pembukaannya sendiri akan dilakukan di Provinsi Aceh.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat