bdadinfo.com

Dua Kota di Sumatera Ini Masuk dalam 7 Kota Metropolitan Terbesar di Indonesia, Kotamu Termasuk Tidak? - News

Ilustrasi Kota Metropolitan terbesar di Indonesia

- Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar didominasi oleh lautan. Maka, perpindahan penduduk maupun barang harus menggunakan kapal atau pesawat.

Dari aktivitas penduduknya ini menjadikan salah satu wilayah menjadi pusat perekonomian negara ini dan terbilang lebih maju dari daerah lainnya.

Tercatat bahwa Indonesia ada di posisi ke-14 sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas mencapai 1.904.569 kilometer persegi. Dan, beberapa kotanya masuk kategori kota Metropolitan.

Baca Juga: Terus Kembangkan Sagasaja Pemko Pariaman Teken Kerjasama dengan UNP

Dalam arti bahasa, kota Metropolitan adalah wilayah perkotaan yang mempunyai level tertinggi dalam hal perkembangan dan kompleksitasnya.

Segala hal berpusat pada metropolitan, misalnya hiburan, ekonomi dan politik, sosial dan budaya. Tercatat, ada tujuh kota metropolitan yang ada di Indonesia.

Dari tujuh kota metropolitan ini, semuanya merupakan ibukota wilayahnya masing-masing, dan dua diantaranya berasal dari pulau Sumatera. Sayangnya, kota Padang tidak termasuk ke dalam daftar.

Baca Juga: Berawal Menjadi Dokter Hewan, Kini Jadi Gubernur Bengkulu, Berikut Profil dari Rohidin Mersyah

Inilah tujuh kota metropolitan terbesar di Indonesia, berikut daftarnya:

1. DKI Jakarta

Urutan pertama kota terbesar di Indonesia adalah Jakarta. Ibukota negara Indonesia ini sudah pasti menempati posisi teratas karena semua aspek penting berpusat di sini.

Baca Juga: Pesona Pantai Pulau Mahitam di Lampung, Surga Tersembunyi Saingan Wakatobi

Kota istimewa ini memiliki luas 664 kilometer persegi dan mempunyai jumlah penduduk mencapai 9.990.842 jiwa. Selain kota metropolitan terbesar dan tersibuk, Jakarta adalah yang terpadat.

Alasan dari Jakarta menjadi kota metropolitan terbesar karena hampir seluruh penduduk Indonesia merantau ke kota ini dengan tujuan utamanya untuk mencari peruntungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat