bdadinfo.com

Forteon Bikin Prototipe Airbag untuk Motor, Begini Cara Kerjanya - News

Ilustrasi (Motorbike Writer)





- Forteon menciptakan prototipe kantung udara untuk jok sepeda motor yang dapat melontarkan pengendara saat terjadi tabrakan dan kemudian membungkus pengemudi dengan airbag suit.

Dirangkum dari laman Web Bike World, begini cara kerja dari Airbag for Bike by Forteon tersebut.

Sistem airbag suit ini akan diletakkan di dalam jok yang diikatkan pada pengendara dengan sabuk pengaman khusus.

Jok tersebut akan terlontar bersama pengendara dan kemudian kantong udara akan mengembang dengan ukuran penuh di sekeliling pengendara.

Baca Juga: Swalayan Aciak Mart di Mata Air Kota Padang Terbakar, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp3 Miliar

Airbag ini memiliki berbagai sensor gerak dan giroskop yang mendeteksi perlambatan atau akselerasi tiba-tiba jika ditabrak dari belakang, atau kehilangan keseimbangan yang tidak dapat diperbaiki oleh manusia.

Kemudian, sistem sabuk secara otomatis akan terlepas jika terjadi kecelakaan yang tidak cukup parah sehingga sistem tidak perlu digunakan dan memungkinkan pengendara melompat dari motor.

Di sisi lain, Forteon sedang mencari pendanaan dari berbagai sumber mulai dari platform crowdfunding, investor tradisional, dan bahkan menggunakan dana sendiri.

Baca Juga: Dirikan MBTS di Lembah Anai, Jaringan Indosat 100 Persen Siap Terintegrasi Sambut Pemudik Lebaran 

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika, pengendara sepeda motor memiliki kemungkinan 28 kali lebih besar untuk meninggal dalam kecelakaan daripada pengendara mobil.

Meskipun banyak menuai pro dan kontra, teknologi ini memiliki potensi besar untuk menyelamatkan nyawa dalam kecelakaan sepeda motor.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat