bdadinfo.com

5 Kota Penghasil Tembaga di Indonesia, Hasil Tambang di Sumatera Barat Jadi yang Terbaik? - News

Ilustrasi penambangan tembaga (Dok:  PT Merdeka Copper Gold Tbk)

Sudah bukan rahasia umum jika Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Bumi Pertiwi dipenuhi berbagai sumber daya alam yang melimpah takterkecuali hasil tambang.

Salah satu produk tambang yang ada di Indonesia adalah tembaga. Logam lunak tersebut keberadaannya hampir tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia.

Kualitas tembaga Indonesia juga menjadi salah satu yang terbaik.

Berikut deretan kota penghasil tembaga di Indonesia dimana salah satunya yang terbaik berlokasi di Sumatera Barat dan menjadi kebanggaan masyarakat Minangkabau:

Baca Juga: Orang Minang dan Suku ini Ternyata Menguasai Sumatera Utara, Jumlahnya Banyak Banget, 4 Jutaan, sampai Betah

  1. Papua

Bumi Papua menjadi salah satu tanah yang paling kaya yang ada di muka bumi. Hasil alam tanah Papua begitu banyak sehingga menjadi salah satu pusat pertambangan di dunia.

Perusahaan asal Amerika Serikat, PT Freeport yang kini sahamnya sudah lebih banyak dipegang oleh pemerintah Indonesia sudah bertahun-tahun menambang di Papua untuk mendapatkan tembaga terbaik yang ada disana.

Bumi cendrawasih tidak hanya kaya akan emas, melainkan juga mineral lainnya termasuk tembaga. Bahkan Freeport mampu mengolah 610 ribu ton tembaga pada tahun 2006 yang jumlahnya diperkirakan jauh lebih tinggi saat ini.

Baca Juga: Canggih, Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Bakal Punya Fly Over di Atas Rel Kereta Api, Lokasinya di Sini

  1. Wonogiri

Salah satu daerah di Provinsi di Jawa Tengah ini juga diketahui memiliki hasil tambang dengan kualitas baik, antara lain tembaga. Namun, penambangan di Wonogiri sejauh ini tidak melibatkan perusahaan raksasa seperti Freeport di Papua.

Penambangan tembaga di Wonogiri banyak dilakukan oleh kelompok masyarakat setempat. Pencarian tembaga dilakukan dengan cara membuat terowongan mendatar sepanjang 54 meter dengan l3 meter oleh para pekerja tambang.

Penambangan di Wonogiri banyak dilakukan dengan cara manual. Meski demikian diperkirakan 1,8 tembaga murni bisa dihasilkan setiap satu bulannya melalui hasil alam yang ada di Wonogiri.

Baca Juga: Jemaah Umrah Rela Tunggu Antrean Air Zam-zam Hingga Barang Bawaan di BIM Padang Pariaman 

  1. Cikotok

Berlokasi di Serang, Banten., Cikotok masuk dalam salah satu daerah yang mampu menghasilkan tembaga terbaik di Indonesia. Penambangan CIkotok merupakan salah satu warisan zaman kolonial Belanda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat