bdadinfo.com

Pejabat Provinsi Riau ini Dulu Buruh Tambang di Sumbar, Sekarang punya 17 Tanah Berhektar-hektar - News

Gubernur Riau, Syamsuar saat berada di Rokan Hilir, Riau (Instagram: syamsuar.official)

- Salah satu cerita inspiratif datang dari salah pejabat negara yang mengabdi di Provinsi Riau, daerah yang berlokasi di sebelah timur Pulau Sumatera bagian tengah.

Pejabat tersebut adalah orang nomor satu di Provinsi Riau saat ini, Syamsuar. Pria kelahiran tanggal 8 Juni 1954 di Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau tersebut memiliki perjalanan hidup yang cukup mengesankan.

Syamsuar berhasil terpilih menjadi Gubernur Provinsi Riau di usianya yang menginjak 64 tahun. Siapa yang menyangka jika Syamsuar muda adalah seorang perantau sebagai buruh tambang di Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar).

Baca Juga: Pimpin Daerah di Sumbar yang Punya Desa Terindah di Dunia, Isi Garasi Bupati Tanah Datar Eka Putra Ada Rubicon

Usai menamatkan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Bengkalis tahun 1972. Dirinya berkelana ke Sawahlunto untuk menjadi buruh tambang selama tiga tahun. Kini, dirinya adalah Gubernur Riau yang memiliki harta sekira Rp10.055.850.433.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang ia laporkan pada 31 Desember 2022, Gubernur Riau ke-3 tersebut diketahui memiliki 17 tanah yang ditaksir memiliki nilai Rp2.587.622.200.

Sejumlah tanah yang menjadi asetnya berada di sejumlah daerah, diantaranya Siak, Pekanbaru, dan Bengkalis. Salah satu bidang tanah diantaranya memiliki luas dua hektar di Siak. Terdapat 14 bidang tanah yang ia miliki di kota tersebut.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Riau, Syamsuar pernah menjabat sebagai Bupati Siak.Politis Fraksi Partai Golkar tersebut bahkan menjabat selama dua periode yang berlangsung pada tahun 2011 hingga 2019.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Batagak Pangulu, Salah Satu Tradisi di Minangkabau yang Paling Banyak Dilihat Wisatawan

Ia mengundurkan diri sebagai Bupati Siak pada 4 Februari 2019 setelah Syamsuar terpilih menjadi Gubernur Riau bersama Wakilnya, Edy Nasution.

Syamsuar dilaporkan memiliki kas setara kas sekira Rp6.798.193.201, dirinya juga memiliki sejumlah kendaraan yang terparkir di garasinya.

Satu buah kendaraan roda empat dengan merk Toyota Innova Venturer tahun 2019 dan lima buah kendaran roda dua menjadi koleksinya. Mulai kendaraan klasik seperti Vespa P 150 6 Vol tahun 1980 hingga motor Gesits G1 tahun 2020 menjadi pilihan pria 69 tahun tersebut.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat