bdadinfo.com

Sumatera Barat Sabet 3 Penghargaan di World Halal Tourism Award, Jadi Salah 1 Destinasi Wisata Ramah Muslim - News

Sumatera Barat Sabet 3 Penghargaan di World Halal Tourism Award, Jadi Salah 1 Destinasi Wisata Ramah Muslim (id.wikipedia.org)

Terkenal sebagai sebutan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, membuat Indonesia punya potensi dalam meningkatkan destinasi yang moslem friendly tourism.

Sumatera Barat (Sumbar) juga masuk jadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia. Usai keberhasilan Indonesia borong penghargaan di World Halal Tourism Award pada 2016 silam.

Indonesia juga berhasil membawa pulang 12 dari 16 penghargaan yang diselenggarakan di Abu Dhabi. Sumatera Barat sendiri berhasil sabet 3 penghargaan dalam ajang tersebut.

Baca Juga: Destinasi Wisata Religi di Tanah Minang, Suguhkan Beragam Wisata Ramah Muslim yang Ada di Sumatera Barat

Tujuan dari konsep destinasi wisata ramah muslim adalah agar terbentuk wisata yang ramah muslim dengan maksud untuk meningkatkan daya tarik dan kepuasaan turis muslim baik dari mancanegara maupun dari turis lokal saat melancong di berbagai daerah wisata di Indonesia.

Untuk itu terus dikembangkan peningkatan layanan amenitas, atraksi, dan aksesbilitas bagi wisatawan.

Dilansir dari Kemenparekraf, pada tahun 2019 silam data menunjukkan sekitar 20% dari 14,92 juta turis asing yang berkunjung ke Indonesia dalah wisatawan muslim.

Bangganya lagi adalah kualitas wisata halal Indonesia dari beberapa aspek seperti akses, komunikasi, lingkungan, dan pelayanan berada di peringkat pertama dari 130 negara yang mengusung konsep wisata ramah muslim yang sama. Data ini adalah menurut laporan Global Muslim Travel Index 2019.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Alam dan Budaya Sumbar, Ada Spot Olahraga Bertaraf Internasional Terbaik Nomor 2 di Dunia

Daftar destinasi wisata ini tak sembarang sebut, tetapi merupakan hasil laporan dari lembaga riset dan sertifikasi halal, CrescentRating, dan sudah tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019.

Lombok

Lombok tak hanya memiliki keindahan alam yang memesona, tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim yang ada di Indonesia.

Lombok bahkan pernah juga menjadi juara pertama dalam kategori wisata halal di Indonesia menurut versi Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019.

Beberapa penghargaan juga berhasil disabet Lombok dalam World Halal Tourism Award 2016.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat