bdadinfo.com

Destinasi Wisata Religi di Tanah Minang, Suguhkan Beragam Wisata Ramah Muslim yang Ada di Sumatera Barat - News

Destinasi Wisata Religi di Tanah Minang, Suguhkan Beragam Wisata Ramah Muslim yang Ada di Sumatera Barat (Ilustrasi foto Pixabay.com/Jörg Peter)

- Memiliki penduduk dengan mayoritas beragama Islam, menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi wisata halal yang ramah muslim baik bagi pelancong dalam atau luar negeri.

Semua destinasi wisata mulai dari wisata alam dan budaya sangat memperhatikan kemudahan untuk beribadah dan berwisata kuliner bagi warga muslim. Hal tersebut menjadikan wisata religi di Sumatera Barat menjadi seru dan tak membosankan.

Berikut deretan destinasi wisata religi yang ada di Tanah Minang dan menyuguhkan beragam wisata yang ramah muslim di Sumatera Barat.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Alam dan Budaya Sumbar, Ada Spot Olahraga Bertaraf Internasional Terbaik Nomor 2 di Dunia

  1. Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan

Syeikh Burhanuddin Ulakan yang berasal dari Pariaman dikenal sebagai salah satu ulama dan penyebar agama Islam yang ada di Sumatera Barat.

Ulama besar ini meninggal pada 1704 dan dimakamkan di dekat Surau Gadang Syeikh Burhanudin di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman.

Sudah menjadi tradisi setempat bahwa berziarah ke makam tersebut disebut dengan Basapa atau Bersafar.

Kegiatan atau tradisi ini dilakukan pada tanggal 10 Safar.

Baca Juga: Gedung Kebudayaan Sumbar Mangkrak, Rencananya Berfasilitas Lengkap mulai dari Ruang Pameran Hingga Auditorium

  1. Masjid Raya Sumatera Barat

Sebagai masjid terbesar di Sumatera Barat, Masjid Raya Sumatera Barat ini berlokasi di jantung kota Padang.

Memiliki gaya arsitektur rumah Bagonjong gaya Minangkabau dan sudah menggunakan teknologi yang modern.

Luas masjid ini yakni mencapai 4.430 m2 daan memiliki ukiran kaligrafi, mihrab masjid juga menyerupai Hajar Aswad dan tahan gempa hingga 10 SR.

Untuk melihat kemegahan Masjid Raya Sumatera Barat tak perlu membayar HTM, pengunjung nantinya hanya diminta untuk mengisi kotak infaq seikhlasnya.

Baca Juga: Mengintip Progres Pembangunan Tol Sumatera Ruas Tol Padang-Sicincin, Target Rampung Tahun 2024 Mendatang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat