bdadinfo.com

Mengintip Progres Pembangunan Tol Sumatera Ruas Tol Padang-Sicincin, Target Rampung Tahun 2024 Mendatang - News

Mengintip Progres Pembangunan Tol Sumatera Ruas Tol Padang-Sicincin, Target Rampung Tahun 2024 Mendatang (pu.go.id)

– Jalan tol Padang-Sicincin adalah bagian dari Jalan Tol Bukittinggi-Padang, yang mulai dibangun pada 20 Desember 2018 dengan target rampung pada tahun 2024 mendatang.

Dengan panjang main road yakni mencapai 36 km, rencananya jalan tol ini akan memiliki 3 gerbang tol, 24 jembatan, dan 1 rest area.

Sejak pembangunannya dimulai pada 2018,  beberapa konstruksi yang telah dilakukan antara lain, peletakan timbunan, pelapisan fondasi dasar base A, pelapisan rabat beton (Lean Concrete/LC), perkerasan kaku (rigid pavement), membangun struktur bawah jembatan, dan box traffic.

Baca Juga: Padang Dikepung Banjir, Sungai Batang Saman Meluap Akibatkan Banjir di Sejumlah Ruas Jalan Pasaman Barat

Di jalan Tol Padang-Sicincin ini juga memiliki inovasi yang diterapkan yakni dengan penggunaan full displacement column untuk metode perbaikan tanah lunak agar tidak perlu waktu tunggu untuk konsolidasi tanah eksisting.

Menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan Jalan Tol Pekanbaru–Padang, Seksi 1 Padang–Sicincin merupakan bagian dari Sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Kecepatan pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru sangat tergantung pada dukungan pemerintah daerah, termasuk dalam pembebasan lahan yang dilalui ruas tol itu menurut Menteri PUPR, Hadimuljono.

Baca Juga: Gedung Kebudayaan Sumbar Mangkrak, Rencananya Berfasilitas Lengkap mulai dari Ruang Pameran Hingga Auditorium

Pada akhir 2022 lalu, progres konstruksi tol ini sudah mencapai 45,5% dan progres pembebasan lahan dapat selesai 100% pada Desember 2022 lalu, sehingga estimasi percepatan konstruksi dapat dilakukan dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

Sementara itu, konstruksi telah mengalami kemajuan hingga 36,57 persen dan perkembangan pengadaan lahan jalan tol Seksi Padang-Sicincin dengan panjang mencapai 36,6 km sudah mencapai 85,82 persen.

“Tiga seksi jalan tol Padang-Pekanbaru lainnya, yakni Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, dan Payakumbuh-Koto Kampar akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan JTTS,” Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro.

Baca Juga: Mangkrak Bertahun-tahun, Intip Fasilitas Keren di Stadion Utama Sumbar yang Diklaim Bertaraf Eropa

Sejumlah fasilitas struktur seperti 13 boks underpass, sembilan boks pedestrian, tujuh main bridge, empat overpass, dan satu barrier gate akan dimiliki oleh Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar, dan juga 2x2 jumlah lajur dengan kecepatan rencananya mencapai 80 km/jam.

Jalan Tol Padang – Sicincin merupakan salah satu seksi dari Jalan Tol Padang - Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 km dengan rincian Seksi 1 Padang–Sicincin, Seksi 2 Sicincin–Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi–Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh–Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan–Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang–Pekanbaru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat