bdadinfo.com

Tak Hanya Banjir Lahar Dingin, Bencana Longsor Terjadi di Lumajang Sebabkan 3 Korban Jiwa dalam Satu Keluarga - News

Tak Hanya Banjir Lahar Dingin, Bencana Longsor Terjadi di Lumajang Sebabkan 3 Korban Jiwa dalam Satu Keluarga (bnpb.go.id)

– Terjadi banjir luapan lahar dingin Gunung Semeru yang ada di Lumajang, Jawa Timur.

Momen detik-detik warga ketar-ketir berusaha lolos menyelematkan diri pun diunggah ke media sosial oleh akun Twitter @PAI_C1 pada Jumat, 7 Juli 2023.

Tak hanya banjir lahar dingin, bencana tanah longsor juga menimpa Lumajang bahkan hingga sebabkan korban jiwa dalam satu keluarga.

4 juliBaca Juga: 4 Juli 2023 Tercatat Jadi Rekor Sebagai Hari Terpanas di Bumi, Kok Bisa? Begini Penjelasan Para Ilmuwan

“Doa terbaik buat saudara-saudara kita di sekitaran lumajang yang mengalami musibah banjir lahar dingin,” tulis PAI pada akun Twitternya melengkapi unggahan video.

Dari keterangannya juga diketahui bahwa kejadian tersebut terjadi di  Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro Lumajang, Jawa Timur.

Terlihat banjir lahar dingin mendekat ke arah kerumunan warga yang ada di sekitar jalanan.

Warga pun tunggang-langgang lari menjauhi luapan lahar dingin tersebut, beberapa juga ada yang menggunakan motor.

Baca Juga: Ujung-ujungnya Duit! Abis Body Shaming Kiky Saputri, Netizen Malah Minta Uang: Tolong Kak Belas Kasihannya

Salah satu warganya terlihat kesulitan menyalakkan motor maticnya dan berakhir dengan ditinggalkannya motor tersebut.

Berdasarkan informasi dari BPBD Lumajang, terjadinya banjir lahar dingin karena imbas dari intensitas hujan yang terjadi di wilayah lereng Gunung Semeru.

Tak hanya menyebabkan banjir lahar dingin, meningkatnya debit di daerah aliran sungai (DAS) lahar Semeru juga mengakibatkan beberapa jembatan penghubung antardesa terputus.

Hujan lebat yang  mengguyur Kabupaten Lumajang, terjadi di beberapa wilayah yakni di Dusun Sriti, Desa Sumberurip, Kec. Pronojiwo, Jumat dini hari.

Baca Juga: Agar Terhindar dari Produk Ilegal yang Berbahaya, Begini Cara Cek Produk Obat dan Makanan Menurut BPOM

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat