bdadinfo.com

Padang Dikepung Banjir, Sungai Batang Saman Meluap Akibatkan Banjir di Sejumlah Ruas Jalan Pasaman Barat - News

Padang Dikepung Banjir, Sungai Batang Saman Meluap Akibatkan Banjir di Sejumlah Ruas Jalan Pasaman Barat (Instagram @andinnnipratiwi via @pasbar24jam @)

– Hujan dengan intensitas sedang hingga deras mengguyur Kota Padang sejak pukul 20.00 WIB, Kamis, 13 Juli 2023.

Akibatnya, Padang kini dikepung banjir karena hujan yang terjadi malam hari tadi dan mengakibatkan sejumlah titik tergenang banjir.

Ditambah dengan terjadinya hujan lebat semalam, Sungai Batang Saman yang terletak di Nagari Air Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat juga debit airnya bertambah.

Baca Juga: Gedung Kebudayaan Sumbar Mangkrak, Rencananya Berfasilitas Lengkap mulai dari Ruang Pameran Hingga Auditorium

Dilansir dari akun Instagram @pasbar24jam, naiknya debit air sungai Batang Saman mengakibatkan kondisi sungai sampai meluap.

Meluapnya sungai Batan Saman kemudian menyebabkan sejumlah ruas jalan tertutupi oleh banjir pada Jumat pagi ini, 14 Juli 2023.

Melihat kondisi terkini beberapa wilayahnya terdampak bencana banjir, beberapa pihak terkait pun langsung diterjunkan ke lapangan.

Baca Juga: Mangkrak Bertahun-tahun, Intip Fasilitas Keren di Stadion Utama Sumbar yang Diklaim Bertaraf Eropa

Pemerintah Kota Padang kemudian menurunkan insan kebencanaannya lainnya seperti Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Basarnas, SAR Brimob Damkar, Satpol PP, Dinas Sosial juga termasuk di skala kecamatan dan keluruhan untuk menangani dan berkoordinasi mengenai situasi ini.

Semua pihak-pihak yang tergabung di atas dipimpin langsung oleh H. Ekos Albar S.E. M.M. yang merupakan Wakil Wali Kota.

Pihaknya bergerap sigap dan tanggap dalam melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak bencana banjir.

Baca Juga: Terbius Performa Suzuki XL7 Hybrid

Beberapa evakuasi warga di Parak jambu yang korbannya mengalami cedera kondisinya langsung diantarkan ke puskesmas Nanggalo.

Untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan karena banjir, misalnya yang berkaitan dengan kesehatan warga yang terdampak banjir, dinas kesehatan provinsi membuka pos kesehatan di Masjid Nurul Falah Maransi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat