bdadinfo.com

Profil Nova Iriansyah, Eks Pejabat Provinsi Termiskin di Pulau Sumatera yang punya 30 Tanah hingga ke Ibukota - News

Nova Iriansyah saat peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh  (Instagram @novairiansyah)

- Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data provinsi atau daerah termiskin di Indonesia pada tahun 2023 ini. Provinsi paling barat di Indonesia, yakni Aceh berada di urutan ke enam daerah termiskin di seluruh wilayah tanah air.

Jika dikerucutkan untuk Pulau Sumatera saja, maka Provinsi Aceh menduduki peringkat pertama sebagai daerah termiskin di Pulau Sumatera. Menariknya, sejak tahun 2017, kursi kepemimpinan Gubernur Aceh telah berganti sebanyak tiga kali.

Salah satu pejabat yang menduduki kursi Gubernur termiskin di Pulau Sumatera tersebut adalah Nova Iriansyah. Politisi Fraksi Partai Demokrat tersebut menjadi Gubernur Aceh pada periode 5 November 2020 hingga 5 Juli 2022 silam.

Baca Juga: 10 Daftar Ahli Ekonomi Berdarah Batak Yang Paling Berpengaruh di Indonesia  

Menariknya, Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), mantan orang nomor satu di Aceh tersebut memiliki harta sekira Rp9,9 miliar. Harta kekayaannya tersebut dilaporkannya pada 31 Desember 2021 lalu.

Hartanya tersebut paling banyak berasal dari kepemilikan tanah dan bangunan yang jika ditotal mencapai 30 bidang tanah. Tanah yang dimiliki Nova Iriansyah tidak hanya berada di Provinsi Aceh melainkan tersebar hingga di Ibu kota, Jakarta.

Berdasarkan data yang terlapor pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tanah yang dimiliki oleh Nova Iriansyah berada di Banda Aceh, Tangerang, Jakarta Pusat, Bener Meriah, dan Jakarta Barat.

Beberapa bidang tanah dan bangunan tersebut diantaranya merupakan hasil hibah dengan akta dan juga hibah tanpa akta. Adapun nilai dari dari tanah dan bangunan yang dimiliki oleh mantan orang nomor satu di Provinsi Aceh tersebut sekira Rp5,9 miliar.

Tidak berhenti disana, Nova yang juga merupakan mantan dosen Universitas Syiah Kuala tersebut memiliki sejumlah kendaraan mewah.

Toyota Alphard Minibus tahun 2011, Mobil BMW 530I CKD AT tahun 2019, motor Yamaha tahun 2014, motor Yamaha BG6 A/T tahun 2018, dan Motor BMW R 1250 GS Adventure tahun 2018 menjadi koleksi dari Gubernur Aceh ke-18 tersebut.

Sebagai informasi, Nova Iriansyah lahir pada 22 November 1963 di Banda Aceh. ia sebelumnya adalah Wakil Gubernur Aceh terpilih, Irwandi Yusuf yang naik ke kursi kepemimpinan pada 5 Juli 2017 – 5 Juli 2018.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Meugang di Aceh yang Dilakukan sebagai Bentuk Rasa Syukur atas Rezeki yang Diperoleh

Namun, Irwandi yang terjerat kasus korupsi menjadi jalan bagi Nova untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Aceh. Nova menjabat Pj Gubernur Aceh dari 5 Juli 2018 hingga 5 November 2020.

Ia lalu diangkat menjadi Gubernur Provinsi Aceh dan menjabat hingga jabatannya berakhir pada Juli 2022. Diketahui, sebelum menjadi Gubernur, Nova adalah anggota DPR dan komisaris di sejumlah perusahaan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat