bdadinfo.com

Galamai, Cemilan Khas yang Memikat Lidah di Kota Payakumbuh - News

Galamai merupakan camilan khas Sumatera Barat yang dibuat dari tepung ketan, gula aren dan santan

- Kota Payakumbuh, sebuah destinasi kuliner di Sumatera Barat yang tak terbantahkan, kini semakin memukau pecinta kuliner dengan kekhasan cemilannya. 

Di tengah gemerlapnya warisan kulinernya yang legendaris, salah satu cemilan khas bernama Galamai menarik perhatian banyak orang.

Galamai, sejenis dodol atau jenang, memiliki daya tarik unik yang membuatnya patut dipertimbangkan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara dan sahabat di kota ini. 

Baca Juga: Demi Sumatera Barat, Anak Muda Minang Si Raja FTV Pulang Kampung Jualan Rendang

Selain Payakumbuh, cemilan lezat ini juga ditemukan di berbagai tempat di Sumatera Barat seperti Solok, Pariaman, dan Pasaman. Meski dengan sebutan yang berbeda seperti galamai, kalamai, calamai, dan gelamai, rasanya tetap menggoda.

Dibalik rasa manis dan legit yang menyatu dalam gumpalan cokelat ketan, tersembunyi rahasia rasa gurih renyah yang membuat Galamai berbeda dengan dodol atau jenang. 

Rahasia ini terletak pada taburan kacang tanah sangrai yang menjadi tambahan istimewa dalam adonannya.

Baca Juga: Hartanya Nggak akan Habis 7 Turunan, Ini Deretan Bupati/Walikota Terkaya di Indonesia

Tak hanya memikat lidah para pelancong, Galamai juga mengundang kekaguman dari masyarakat Minangkabau.

Membedakan galamai asal Payakumbuh dari daerah lainnya bukanlah hal mudah, karena dibutuhkan intuisi tajam dan keterampilan yang mumpuni dalam proses pembuatannya.

Sang pengrajin harus rela merasakan kehangatan api yang nyala di bawah kuali selama 3-4 jam tanpa henti, mengaduk adonan Galamai dengan hati-hati untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Baca Juga: Budaya Membaca Masih Rendah, Pemkab Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Literasi

Pengalaman dan keterampilan ini menjadikan Galamai begitu istimewa dan menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas kuliner Kota Payakumbuh.

Jadi, jika Anda ingin merasakan kelezatan cemilan yang sarat dengan budaya dan pengalaman panjang, jangan lupa untuk mencicipi Galamai saat mengunjungi Kota Payakumbuh. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat