bdadinfo.com

Wisata Sambil Belajar Sejarah dan Budaya Batak, Ini 6 Museum Ikonik di Danau Toba yang Wajib Dikunjungi - News

Bangunan Museum Huta Bolon

- Danau Toba masuk ke dalam salah satu destinasi liburan utama yang menjadi ikon penting dalam sektor pariwisata di Sumatera Utara.

Selain keindahannya, danau ini juga menjadi yang terbesar di dunia. Bahkan, menjadi danau vulkanik terbesar di dunia dengan luas mencapai 1.145 kilometer persegi.

Jalan-jalan di sini amat mengagumkan dengan pemandangan alamnya. Ada pula tujuan wisata yang memberikan pengetahuan sejarah mengenai budaya dan tradisi penduduk setempat, yaitu Museum.

Baca Juga: Dari Gemini hingga Leo, Ini 4 Zodiak yang Selalu Membantu Saudaranya untuk Melupakan Patah Hati di Umur Remaja

Ada beberapa Museum budaya dan tradisi orang Batak yang tersebar di wilayah sekitar wisata Danau Toba.

Tercatat ada enam buah bangunan Museum yang populer di kalangan wisatawan dan terbilang wajib dikunjungi apabila tertarik dengan sejarah dan budaya.

Berikut adalah daftar enam Museum sejarah dan budaya yang ada di Danau Toba:

Baca Juga: Mengurai Stereotup Suku di Indonesia, Termasuk Apakah Benar Orang Minang itu Terkenal Pelit?

1. Museum Huta Bolon

Museum Huta Bolon terletak di desa Simanindo, kecamatan Ambarita, kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Di lokasi wisata ini tersimpan barang-barang tentang peninggalan suku Batak Toba.

Benda-benda yang dipamerkan di sini diantaranya adalah berbagai jenis motif kain ulos, alat masak tradisional, senjata perang masa lalu, mainan tradisional dan alat berkebun.

Baca Juga: Kawal Operasi Pasar Pertamina Sumbar, Andre Rosiade: Jangan Lagi Ada Kelangkaan LPG 3 Kg di Padang

Selain itu, bentuk desain bangunannya juga menarik perhatian pengunjung. Bangunannya merupakan rumah adat Batak Toba warisan Raja Sidauruk. Uniknya, bangunan ini sudah berumur ratusan tahun.

Karena terletak di pulau Samosir, pengunjung terlebih dahulu harus menyebrangi danau Toba untuk sampai ke Museum satu ini. Dan, jam bukanya adalah setiap hari dari pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat