bdadinfo.com

3 Suku Batak yang Erat dengan Agama Islam, Salah Satunya Berhubungan Dekat dengan Suku Minangkabau - News

Pernikahan Baju Adat Batak Mandailing

- Sumatera Utara adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terkenal akan tempat Wisata Danau Toba dan Suku Batak sebagai salah satu kelompok etnis terbesar ketiga di Indonesia setelah Jawa dan Sunda.

Meskipun mayoritas di sana adalah pemeluk agama Islam, namun beberapa daerah di pesisir Toba khususnya, dengan mayoritas nama – nama yang mempunyai marga Batak kebanyakan dari mereka menganut Kristen, sehingga ajaran Kristen sangat kental dengan adat Batak.

Tetapi kita membahas beberapa daerah di Sumatera Barat yang mayoritas utama adalah agama Islam, seperti berada di perbatasan Aceh dan Sumatera Utara yang memiliki ikatan kedekatan dengan suku Aceh dan Minangkabau.

Baca Juga: Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah, Kabupaten Agam Meroket Hingga Posisi 32 Nasional

Berikut 3 Kelompok Suku Batak Menganut Agama Islam di Sumatera Utara:

Batak Sibolga

Batak yang juga disebut Batak Pasisi adalah suatu suku yang bermayoritas di daerah Tapanuli Tengah, khususnya di wilayah pegunungan Kota Sibolga, Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara.

Suku ini memiliki kedekatan dengan Batak Toba, Silindung dan Humbang, yang berada di wilayah pesisir Tapanuli di Kota Sibolga dan sekitarnya, suku tersebut didominasi oleh orang-orang berada di pesisir yang merupakan perpaduan antara Minangkabau, Aceh dan Melayu.

Baca Juga: Rekomendasi Cafe di Bukittinggi dengan Suasana Asri dilengkapi Tanaman Hijau yang Teduh

Seiring berjalannya waktu, orang-orang Toba mulai bermigrasi ke Pesisir di sekitar sibolga dan sekitarnya untuk memudahkan perdagangan antara hasil pertanian dan hasil laut, karena memiliki kedekatan dengan orang Melayu dan Minangkabau membuat banyak orang Batak Sibolga yang akhirnya masuk Islam.

Saat ini penduduk di Sibolga lebih banyak menganut Islam sebanyak 57.39 persen, Protestan sebanyak 34.58 persen, Katolik sebanyak 5.09 persen dan Buddha sebanyak 2.94 persen, nama – nama marga Batak Sibolga yang paling terdengar seperti Pohan, Siregar, Sitompul, Tanjung dan Pasaribu.

Batak Angkola

Baca Juga: Bakal jadi Stadion Termahal dan Termegah di Sumatera Barat, Kini Kondisinya Sedih Untuk Dilihat

Salah satu kelompok etnis Batak yang berasal dari Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas dan sebagian Mandailing Natal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat