bdadinfo.com

Yuk Pelajari Budaya dan Ciri Khas Provinsi Sumatera Barat, Apa Saja Sih? Simak di Sini Penjelasannya! - News

Kolase Ciri khas dari Sumatera Barat. (Unsplash)

– Pulau Sumatera terbagi menjadi beberapa provinsi dan dihuni oleh etnis-etnis yang berbeda satu sama lain.

Salah satu provinsi di pulau Sumatera ada provinsi Sumatera Barat. Di daerah ini, penduduk mayoritasnya adalah orang Minangkabau dan memeluk agama Islam.

Oleh karena itu, orang Minangkabau di Sumatera Barat dikenal dengan sikapnya yang taat agama Islam dan menerapkan ajaran-ajarannya ke kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Jejak Cagar Budaya Bunker Jepang Masa Perang Dunia II, Tersembunyi di Mentawai Sumatera Barat

Adapun hal lain yang menjadikan Sumatera Barat dikenal luas, yaitu dari letak geografis, ciri khas, budaya, dan masyarakatnya.

Letak Geografis Sumatera Barat

Secara geografis, provinsi Sumatera Barat letaknya berada di sebelah pesisir barat dan berbatasan dengan tiga provinsi lain dan sebuah lautan.

Di bagian utara berbatasan dengan provinsi Sumatera Utara, arah timur berbatasan dengan Riau dan Jambi, arah selatan selatan dengan Bengkulu dan samudra Hindia di arah barat.

Baca Juga: Melongok Pesona Pusuk Buhit di Pulau Samosir, Gunung Sakral yang Keindahannya Bak di Negeri Dongeng

Kota Padang dijadikan wilayah ibukota untuk provinsi Sumatera Barat. Maka, daerah ini menjadi pusat pemerintahan, ekonomi dan budaya orang Minangkabau.

Ciri Khas Sumatera Barat yang Paling Terkenal

Hal yang paling dikenal dari Sumatera Barat adalah rendang. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dibumbui rempah-rempah Sumatera Barat dan dimasak dengan durasi yang lama.

Selain kuliner rendang yang terkenal hingga menjadi makanan terenak di dunia, ternyata ada banyak hal menarik lainnya yang bisa ditemui di provinsi ini.

Baca Juga: 787 HPR di Padang Panjang Timur Sudah Divaksin Rabies

Dalam hal kesenian, ada banyak sekali tarian tradisional terkenal dari wilayah ini hingga selalu diajarkan pengetahuannya di sekolah. Salah satunya diantaranya adalah Tari Piring.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat