bdadinfo.com

Unik! Gerakan Tari Asal Sumatera Barat ini Lahir Dari Perguruan Pencak Silat - News

Tari Piring Sumatera Barat Punya Sejarah Unik, Ternyata Berasal Lahir Dari Perguruan Pencak Silat (gramedia.com)

- Sumatera Barat merupakan sebuah Nagari yang indah dengan beragam kebudayaannya.

Suku bangsa yang sering dikenal dengan Suku Perantau ini memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya dan budaya yang masih banyak dilestarikan.

Salah satu budaya unik yang dimiliki oleh suku Minangkabau asal Sumatera Barat ini adalah sebuah tarian yang mulanya lahir dari perguruan pencak silat.

Baca Juga: Piala AFF U-23 2023: Shin Tae-yong Ungkapkan Penyesalan atas Pembatalan Komang Teguh dan Titan Agung

Tarian yang dimaksud adalah Tari Piring. Tari Piring merupakan sebuah tarian tradisional khas Sumatera Barat yang menjadi icon dan digunakan sebagai identitas budaya masyarakat Minangkabau.

Secara tradisional, Tari Piring disebut berasal dari Solok, Sumatera Barat. Namun, setiap nagari di Minangkabau membudayakan Tari Piring dalam kehidupan mereka.

Jadi, dapat di pastikan bahwa di nagari manapun di Minangkabau akan dapat dijumpai pertunjukan Tari Piring yang biasa dilakukan oleh masyarakat disana.

Baca Juga: Orang Minang dan Suku ini Ternyata Menguasai Sumatera Utara, Jumlahnya Banyak Banget, 4 Jutaan, sampai Betah

Namun, setiap nagari di Sumatera Barat memiliki perbedaan dalam cara menampilkan tarian Tari Piring.

Perbedaan Tari Piring antara Nagari yang satu dengan lainnya terletak dalam gaya memainkan Tari Piring dan struktur penyajian Tari Piringnya.

Karena Tari Piring merupakan icon dari Sumatera Barat menjadikan Tari Piring sering digunakan di perantauan sebagai pertunjukkan dalam setiap acara yang bersifat sosial.

Baca Juga: Keindahan Kerancang Bukittinggi: Memahami Sehelai Karya Seni Bernilai Tinggi

Penampilan Tari Piring juga biasa ditampilkan pada acara dan pesta perkawinan masyarakat dari perantauan suku Minangkabau, Sumatera Barat.

Jika di daerah asalnya yaitu di Sumatera Barat, Tari Piring ditampilkan dalam berbagai acara budaya dan kegiatan yang bersifat adat, bahkan juga kegiatan kepariwisataan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat