bdadinfo.com

Peperangan 2 Kerajaan Ini Jadi Asal-usul Terbentuknya Kota Sawahlunto, Kini Jadi Wisata Geopark Unesco - News

Peperangan 2 kerajaan yang menjadi asal-usul Kota Sawahlunto (unsplash.com)

- Cerita rakyat atau legenda biasanya menceritakan suatu mitos yang menjadi misteri di tempat tersebut atau sebuah petuah yang berupa kisah yang menghibur.

Selain itu, ada pula cerita rakyat yang terinspirasi dari kisah nyata dan menjadi asal-usul suatu tempat, entah itu bentuk wilayahnya, nama, atau tokoh yang membangunnya.

Nah, untuk ini ada cerita rakyat dari Sumatera Barat yang menjadi asal-usul terbentuknya nama Kota Sawahlunto yang kini dikenal sebagai kota wisata Geopark oleh Unesco.

Baca Juga: Hemat Ratusan Juta dengan Pindah KPR

Status Kota Sawahlunto menjadi lokasi wisata karena kekayaan sejarahnya tentang pertambangan Ombilin yang dulunya merupakan wilayah tambang terbesar dan terkaya se-Asia Tenggara.

Pertambangan ini dimulai ketika penjajah Belanda masuk ke wilayah Sumatera Barat dan menemukan kekayaan sumber alam di Sawahlunto dan membangun pertambangan tersebut.

Sebelumnya, terdapat sebuah dua kerajaan yang alkisah menjadi asal-usul hadirnya Sawahlunto sebagai nama wilayah tersebut.

Baca Juga: Tempat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai di Riau, Syahdunya Gemericik Air dari Ketinggian 20 Meter

Penasaran, kan? Maka dari itu, simak kisah cerita rakyat tentang asal muasal terbentuknya nama Kota Sawahlunto:

Pada zaman dahulu di daerah bernama Lunto terdapat kerajaan kecil bernama Sitambago yang dikuasai oleh seorang Raja, dan penduduknya pun hidup tentram dan makmur.

Raja Sitambago sangat memperhatikan kehidupan sosial rakyatnya kerajaan dan juga wilayah kekuasaannya yang lahannya subur dengan hasil pertanian yang melimpah.

Baca Juga: Deretan 5 Lagu Daerah Sumatera Barat yang Paling Terkenal, Beserta Makna di Balik Lirik Lagu Tersebut

Kondisi kerajaan Sitambago yang penuh kekayaan ini timbul kekhawatiran di pikiran sang Raja.

Suatu hari, sang Raja membicarakan ini dengan Panglima Perang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat