bdadinfo.com

Keren! Pria Keturunan Minangkabau Oki Muraza, Masuk Daftar Ilmuwan Berpengaruh Dunia - News

Pria Keturunan Minang Kabau Oki Muraza, Masuk Daftar Ilmuwan Berpengaruh Dunia/Harianhaluan


- Universitas Stanford di Amerika Serikat baru-baru ini merilis daftar ilmuwan paling berpengaruh di dunia, yang hanya mencakup 2% dari para tokoh ilmuwan kelas dunia.

Dalam daftar prestisius ini, nama Oki Muraza, seorang pakar energi asal Indonesia berusia 48 tahun, berhasil masuk.

Oki dikenal sebagai ilmuwan yang sangat produktif di bidang catalytic cracking, yang bertujuan untuk mengolah minyak bumi menjadi bahan bakar minyak (BBM) dan petrokimia.

Baca Juga: Inilah 5 Daerah Penghasil Padi Terbanyak di Sumbar, Ada yang Hasilkan Sampai 179 Ribu Ton

Ia juga menjadi salah satu ekspatriat sukses yang berhasil memenangkan dana penelitian sekitar US$6,2 juta dari berbagai perusahaan energi dan petrokimia.

Saat ini, Oki dan timnya bekerja sama dengan Saudi Aramco dan SABIC, dua perusahaan terbesar di Arab Saudi, dalam pengembangan katalis untuk kilang minyak dan gas bumi.

Mereka telah mengajukan beberapa paten untuk melindungi penemuan mereka, yang telah disetujui oleh United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Baca Juga: Horas! Inilah 5 Top Universitas Terbaik di Sumatera Utara, Ternyata Nomor 1 Bukan USU tapi….

Selain pengembangan katalis untuk kilang minyak, Oki juga fokus pada katalisasi gas bumi menjadi produk petrokimia.

Penelitiannya juga memiliki dampak strategis bagi Indonesia, terutama dalam pengembangan produksi dimethyl ether (DME) dari batu bara.

Oki, yang memiliki latar belakang pendidikan dari Institut Teknologi Bandung, Technische Universiteit Delft di Belanda, dan Technische Universiteit Eindhoven, telah memainkan peran penting dalam industri energi.

Baca Juga: Gak Dibuang! MU Tetap Rawat Greenwood di Getafe: Kasih Villa Mewah Hingga Penerjemah Pribadi

Ia berharap Indonesia dapat mencapai kemandirian energi di masa depan melalui peningkatan kapasitas kilang minyak dan produksi BBM dari sumber daya alam yang tersedia, seperti gas alam dan batu bara muda.

Perjalanan karier Oki yang mengesankan dari Indonesia ke berbagai negara dan kolaborasi internasionalnya di bidang energi membuatnya menjadi salah satu ilmuwan yang patut diperhitungkan dalam dunia ilmiah global.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat