bdadinfo.com

Jelang Purna Tugas Pimpin Sawahlunto Sumbar, Berikut Beberapa Kemajuan di Tangan Deri Asta dan Zohirin Sayuti - News

Deri Asta dan Zohirin Sayuti (Pemkot Sawahlunto)

- Jelang berakhirnya masa tugas pasangan Deri Asta dan Zohirin Sayuti memimpin kota Sawahlunto untuk periode 2018 - 2023 banyak pihak yang bertanya-tanya, apa saja kemajuan yang dirasakan saat masa kepemimpinan mereka? 

Sebagaimana PR yang dimiliki pemimpin di setiap daerah, memimpin Sawahlunto juga memiliki problematika tersendiri yang harus diselesaikan. 

Melansir tayangan wawancara melalui akun YouTube @Indra YD Channel pada tanggal 24 Agustus 2023 lalu, Deri Asta menyampaikan bahwa gebrakan yang telah dilakukannya meliputi beberapa bidang; pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, UMKM, dll. 

Baca Juga: Tidak Terduga! Asal-usul Nama dan Legenda Lembah Harau, Ternyata Dulu Berasal dari Ini

Untuk menjawab pertanyaan terkait keberhasilannya, ia telah membuktikan kemajuan yang telah dirasakan masyarakat dibawah garis komando dirinya bersama sang wakil, Zohirin Sayuti.

Walaupun dikenal pendiam, ia mengaku lebih suka menunjukkan kinerjanya dengan aksi nyata. "Energi kita kan terbatas, dari pada banyak bicara, saya lebih memilih memakainya untuk kerja nyata” ungkapnya. 

Walikota yang saat ini genap berusia lima puluh tahun tersebut memaparkan kemajuan pendidikan yang terjadi di Sawahlunto lewat program kerjanya, seperti pemberian dana beasiswa kepada siswa-siswa berprestasi maupun kepada mahasiswa on going dengan syarat IPK maupun akreditasi kampus. 

Baca Juga: Dibuka Bupati Eka Putra, Pawai 1000 Siya Festival Gebyar Talago Biru II Sangat Meriah

Kehadiran Universitas di Sawahlunto yaitu PDSKU UNP diprediksi akan memberi dampak kemajuan yang signifikan terhadap kota Sawahlunto.

selain agar masyarakat Sawahlunto dapat dengan mudah mengakses pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kehadiran mahasiswa pendatang juga akan membuat roda perekonomian masyarakat Sawahlunto dapat berputar secara dinamis. 

Selain pendidikan, transformasi kesehatan tak luput dilakukan untuk memberikan jaminan kesehatan yang layak kepada masyarakat Sawahlunto, seperti pemberian subsidi BPJS hingga meningkatnya penerima BPJS hingga 99,6 persen. 

Baca Juga: 7 Wisata Air Terjun di Pagaralam Sumatera Selatan yang Dijuluki Sebagai Kota Seribu Air Terjun

Pemerintah Sawahlunto telah menerapkan standar pelayanan kesehatan kepada seluruh puskesmas, yaitu dengan kualifikasi terakreditasi utama dan paripurna. 

Begitupun dengan rumah sakit Sawahlunto yang sudah memiliki sertifikat milik pemerintah, sehingga dapat dengan mudah dilakukan pengembangan, RSUD Sawahlunto saat ini bahkan sudah mendapatkan dana pengembangan hingga kurang lebih 10 Milyar. 

Atas capaian-capaian di sektor kesehatan, pemerintah RI telah memberikan penghargaan kepada pemerintah Sawahlunto sebagai kategori daerah yang peduli terhadap pelayanan kesehatan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat