bdadinfo.com

Nggak Mau Kalah Bersaing dengan Tol Padang! Terowongan Tol Bengkulu Lubuklinggau Didesain Seperti di Perancis - News

Rencana pembangunan terowongan tol juga akan terdapat pada proyek jalan tol Bengkulu Lubuk Linggau jalan tol ini dibangun dalam 3 seksi

- Jalan Tol Bengkulu Lubuklinggau adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Bengkulu dengan Lubuklinggau.

Ruasnya berada di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kota Lubuklinggau.

Pembangunan tahap pertama dimulai dari Kota Bengkulu ke Kecamatan Taba Penanjung yang mulai dikerjakan sejak September 2019.

Baca Juga: Deretan Tol Termegah dan Termahal di Indonesia, Terowongan Tol Padang Siap Tekong Cisumdawu dan Jadi Juaranya

Pembangunannya diawali dari Betungan, Selebar, Bengkulu menuju Taba Penanjung, Bengkulu Tengah dengan panjang 17,6 kilometer.

PT Hutama Karya menjadi pelaksana pembangunan yang ditargetkan rampung pada tahun 2022.

Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Juli 2023, pembangunan jalan tol tahap selanjutnya segera dilanjutkan secepatnya demi percepatan kemajuan Provinsi Bengkulu.

Baca Juga: Proyek Jalan Tembus Solok Sumbar Mangkrak Kurang Dana, Demi Kemewahan Tol Sumatera?

Pada khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya sesuai dengan janji dan rencana saat kampanye Pilpres 2019.

Terakhir, pembangunan jalan tol ini akan dilanjutkan dari Kepahiang ke Lubuklinggau.

Targetnya, 2023 jalan tol Bengkulu yang terhubung ke Tol Trans Sumatra sudah bisa direalisasikan. Jalan tol ini dibagi menjadi 3 seksi, yaitu:

Tahap
Ruas
Panjang
Seksi 1
Lubuklinggau–Kepahiang 54,5 km
Seksi 2
Kepahiang–Taba Penanjung 24,6 km
Seksi 3
Taba Penanjung–Bengkulu 17,6 km

Rencana pembangunan terowongan tol juga akan terdapat pada proyek jalan tol Bengkulu Lubuk Linggau jalan tol ini dibangun dalam 3 seksi dimana pembangunan jalan tol tersebut.

Baru menetaskan satu seksi yaitu tol Bengkulu tabah penanjung sepanjang 17,6 KM dan telah diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Jalan tol yang memiliki total panjang 96 KM ini didesain akan memiliki terowongan sepanjang 7 KM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat