bdadinfo.com

Deretan Tol Termegah dan Termahal di Indonesia, Terowongan Tol Padang Siap Tekong Cisumdawu dan Jadi Juaranya - News

Jalan Tol Padang Pekanbaru adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Padang dengan Pekanbaru. Ruasnya berada di Provinsi Sumatra Barat dan Provinsi Riau melewati Lembah Anai.

- Memang di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo tengah gencar melakukan proyek pembangunan jalan tol di berbagai daerah dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Setelah banyaknya jalan tol di pulau Jawa dan hampir tuntasnya Jalan Tol Trans Jawa, Pemerintah melanjutkan mega proyek jalan tolnya ke wilayah Sumatra dengan membuat jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Dikertahui Indonesia saat ini menghasilkan beberapa jalan tol yang memiliki keunikan tersendiri salah satunya adalah adanya terowongan tol yang menembus bukit.

Untuk saat ini baru tol Cisumdawu yang memiliki terowongan tapi nantinya akan ada beberapa ruas tol lagi yang memiliki terowongan. Bahkan akan ada yang terpanjang. Tol mana sajakah yang akan memiliki terowongan simak artikel ini hingga akhir.

Setelah banyaknya jalan tol di pulau Jawa dan hampir tuntasnya jalan tol Trans Jawa pemerintah melanjutkan mega proyek jalan tolnya ke wilayah Sumatera dengan membangun jalan tol Trans Sumatera JTTS.

Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi jalur logistik sekaligus menjadi jalur pariwisata yang bisa mendukung peningkatan perekonomian di wilayah Sumatera.

Selain mempermudah serta mempercepat jalur logistik dan moda transportasi darat kehadiran jalan tol yang memiliki pemandangan indah juga kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi pengendara.

Saat ini ada beberapa ruas jalan tol yang memiliki keindahan dengan latar belakang pegunungan pesawat dan lain sebagainya namun yang paling menarik adalah hadirnya jalan tol yang memilik terowongan-terowongan yang berada di tengah ruas jalan tol memang menjadi hal yang baru di Indonesia.

Dan memberikan kesan kuat pada para pengguna yang melintasinya salah satu ruas jalan tol yang kini telah memiliki terowongan adalah jalan tol cisumdawu di provinsi Jawa Barat dan nantinya akan ada beberapa ruas jalan tol lagi yang akan memiliki terowongan

Berikut ini Deretan Tol Termegah dan Termahal di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Terowongan Tol Cisumdawu

Salah satu ruas jalan tol yang kini telah memiliki terowongan tol adalah Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau disingkat tol cisumdawu

Terowongan tol ini berada di seksi dua ruas Rancakalong Sumedang di Kabupaten Sumedang Jawa Barat kehadiran terowongan ini menjadikannya sebagai terowongan tol pertama dan terpanjang di Indonesia untuk saat ini.

Terowongan tol ini dibangun dengan konsep terowongan kembar atau twin tunnel yang membentang sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat