bdadinfo.com

Evaluasi KAN Sumatera Barat 2023, KAN Lubuk Basung Siap Menjadi yang Terbaik - News

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs H Edi Busti MSi, menyambut tim penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat  (AMC News)

- Bupati Agam diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs H Edi Busti MSi, menyambut tim penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat dengan antusiasme.

Acara penyambutan, yang dilangsungkan pada Jumat 8 September 2023, dimulai dengan tari galombang dan atraksi pencak silat di halaman kantor KAN Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung.

Dalam sambutannya, Sekda Agam menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai KAN Terbaik Tingkat Sumatera Barat dan berterima kasih karena KAN Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menjadi salah satu nominator KAN Terbaik di Sumatera Barat tahun 2023.

KAN merupakan lembaga yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari, mewakili perwakilan tertinggi dengan anggota yang terdiri dari perwakilan niniak mamak, unsur alim ulama nagari, cadiak pandai, dan bundo kanduang dalam nagari sesuai dengan adat salingka nagari.

“KAN betul-betul harus menjalankan fungsinya dengan baik agar masyarakat nagari memahami dan menerapkan adat dan budaya Minangkabau sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Baca Juga: Perluas Kerja Sama Bidang Industri, Pemko Pariaman MoU dengan BSOA

Sekda Agam menekankan pentingnya KAN menjalankan fungsinya dengan baik untuk mempromosikan adat dan budaya Minangkabau. Dia juga menyoroti perlunya pengurus KAN meningkatkan kapasitas organisasi mereka untuk memberikan manfaat kepada anggotanya.

“Sebuah organisasi apapun bentuknya akan memberi manfaat kepada seluruah anggotannya, ketika manfaat itu dirasakan oleh anggota organisasi itu,” ungkapnya.

KAN Lubuk Basung dikenal sebagai KAN yang mandiri dan berkolaborasi dengan kejaksaan, menyelesaikan masalah melalui restorative justice.

Hal ini menjadi salah satu kelebihan KAN Lubuk Basung dan menjadikannya KAN terbaik di Kabupaten Agam.

“Tidak seluruh persoalan harus diselesaikan secara pidana maupun perdata dan KAN dapat menyelesaikan persoalan-persoalan diantara itu, ini salah satu kelebihan dari KAN Lubuk Basung yang merupakan KAN terbaik di Kabupaten Agam,” ujarnya.

Baca Juga: Heboh! Buaya Sepanjang 2,5 Meter Muncul di Sungai Sirah Surantih Pesisir Selatan

Sekda Agam menegaskan bahwa KAN Lubuk Basung akan terus berjuang untuk hak alamiah nagari dan berharap agar KAN ini menjadi yang terbaik di masa mendatang.

Kepada tim penilai, Sekda Agam berharap penilaian ini akan membuktikan bahwa KAN Lubuk Basung layak menjadi yang terbaik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat