bdadinfo.com

Gempa M 6,8 Guncang Maroko, Hampir 300 Orang Tewas dan Terasa di 3 Negara - News

Gempa M 6,8 Guncang Maroko, Hampir 300 Orang Tewas/2M

– Gempa Magnitudo 6,8 guncang Maroko pada hari Jumat, 8 September 2023 jam 23:11 malam waktu setempat.

Gempa tersebut mengguncang kota Marrakesh serta menghancurkan bangunan dan membuat penduduk kota-kota besar bergegas meninggalkan rumah mereka.

Sementara ini 296 orang dilaporkan tewas dan 153 orang luka-luka.

Baca Juga: Ternyata ini Breaking News Ridwan Kamil,Bukan Politik Bahkan Jauh dari Rumor Cawapres

Gempa tersebut terasa hingga kota Casablanca, Essaouira, dan ibu kota negara, Rabat yang berada di sekitar 350 km sebelah utara pegunungan High Atlas.

Tidak hanya itu, gempa tersebut juga terasa hingga ke Portugal, Spanyol, dan Aljazair.

Menurut Survey Geologis Amerika Serikat (USGS), pusat gempa tersebut berada di Pegunungan Atlas Tinggi yang dikenal sebagai Ighil, sekitar 70 km di Selatan Marrakech yang merupakan wilayah dengan desa-desa kecil.

Baca Juga: Ramai Diisukan Cawapres, Simak 4 Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil Selama Pimpin Bandung dan Jabar

Gempa tersebut juga berada di dekat Toubkal yang merupakan puncak tertinggi di Afrika Utara dan Oukaimeden yang di mana merupakan resor ski paling terkenal di Maroko.

Dilansir dari Reuters, penduduk kota Marrakesh yang merupakan kota besar terdekat dari episentrum tersebut mengatakan bahwa kerusakan berada pada bangunan-bangunan di kota tua serta bagian tembok merah historis warisan dunia UNESCO akibat gempa.

Salah satu warga memposting video orang-orang berlari sambil berteriak ketakutan dari pusat hiburan arcade game dalam salah satu pusat perbelanjaan di kota Marrakesh karena adanya gempa tersebut.

Baca Juga: Sikat Proyek Tol Sumbar dan Incar Jembatan Selat Sunda, Kenapa Jepang Senang Berbisnis di Indonesia?

Tidak hanya itu, salah satu pengunjung juga memposting video dimana orang-orang berteriak ketakutan dan mengevakuasi restoran-restoran di kota saat musik klub yang berdenyut dimainkan.

Dilansir dari abcnews, wali kota Marrakesh mengatakan kepada kantor berita setempat, 2M bahwa beberapa rumah di kota itu terdampak runtuh sebagian atau seluruhnya, dan listrik serta jalan raya terputus di beberapa tempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat