bdadinfo.com

PSN Baru Senilai Rp246 Miliar di Bengkulu Sudah Diteken Kontrak, Target Rampung Akhir 2024 - News

Ilustrasi PSN Bengkulu   (unsplash.com)




- Bengkulu akan memiliki sebuah fasilitas baru berkat ditekennya kontrak senilai Rp246 Miliar. Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp246 miliar tersebut merupakan kontrak baru yang telah ditandatangani pada Agustus 2023.

Jika pembangunan tersebut rampung sesuai target, maka Bengkulu akan punya sebuah fasilitas baru pada akhir tahun 2024. Fasilitas apa itu?

Simak selengkapnya mengenai PSN tersebut sebagaimana dilansir dari hutamakarya.com.

Baca Juga: Hebat! Mega Proyek di Pulau Sumatera ini Lebih Unggul dengan Investasi yang Bikin Mencengangkan

Provinsi Bengkulu terletak di area barat daya Pulau Sumatera, serta memiliki luas wilayah kurang lebih 20.000 kilometer persegi.

Pada akhir tahun 2024 mendatang, provinsi ini ditargetkan akan mendapatkan sebuah fasilitas baru dengan nilai kontrak yang mencapai lebih dari Rp200 miliar.

Berdasarkan info dari hutamakarya.com tanggal 11 September 2023, PT Hutama Karya telah teken sejumlah kontrak dengan berbagai pihak untuk mengerjakan dua proyek baru.

Total nilai kedua proyek ini mencapai Rp1,2 triliun. Salah satu dari agenda pembangunan tersebut berlokasi di Provinsi Bengkulu.

Baca Juga: Begini Cara Hapus Data di Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Tanpa Harus Ganti Kartu

Lantas, seperti apa fasilitas yang akan dibangun di Bengkulu ini?

Kontrak untuk proyek yang satu ini telah diteken pada 15 Agustus 2023 di Kantor Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu.

Agenda tanda tangan kontrak tersebut melibatkan sejumlah pihak penting, antara lain meliputi:

Senior Vice President Divisi Sipil Umum Hutama Karya Oktavianus Sitanggang, dan Direktur Utama Gala Karya Ibnu Irawan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu Noprisman, dan Direktur Air Minum Anang Muchlis.

Baca Juga: Senang Naik Kendaraan Klasik, Berikut Isi Garasi Ridwan Kamil: Hanya Punya Satu Mobil?

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Bengkulu Dendy Kurniadi, serta EVP Divisi Sipil Umum Ari Asmoko.

Fasilitas yang hendak dibangun adalah Jaringan Distribusi Utama (JDU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Benteng Kobema (Seksi Lubuk Puar – Sebakul).

Jika rampung, fasilitas ini akan bermanfaat bagi aliran air minum ke Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Seluma, dan Kota Bengkulu.

Fasilitas tersebut diperkirakan akan mampu mengalirkan air minum ke tiga wilayah tersebut dengan kecepatan masing-masing 113 L/detik, 62 L/detik, dan 225 L/detik.

Baca Juga: Waspada! Hindari Penggunaan Galbay Risiko Tinggi, Bikin Hidup Tidak Tenang Seumur Hidup

Pipa yang digunakan adalah pipa High Density Polyethylene (HDPE) yang awet hingga lima puluh tahun. Panjang jembatan pipanya adalah 26.840 meter.

Proyek ini nantinya akan dikerjakan menggunakan metode konstruksi horizontal directional drilling yang didukung dengan pengukuran ulang GPS real time kinematic.

Kontrak ini bernilai Rp246,8 miliar. PT Hutama Karya bekerja sama dengan PT Gala Karya. Tak hanya itu, masyarakat setempat juga akan dilibatkan sebagai tenaga kerja lokal.

Demikian info mengenai PSN baru di Provinsi Bengkulu yang ditarget rampung pada akhir tahun 2024 mendatang.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat