bdadinfo.com

Setelah Gagasan Terowongan Bawah Laut, IKN juga Akan Dapat 4 Proyek Kereta Api di 2025, Simak Rutenya! - News

Setelah Gagasan Terowongan Bawah Laut, IKN juga Akan Dapat 4 Proyek Kereta Api di 2025, Simak Rutenya! (Pexels.com/@SenuScape)

- Setelah gagasan mega proyek Terowongan Bawah Laut yang rencananya akan digarap pada tahun 2024, Kementerian PUPR mengumumkan akan ada proyek lanjutan di IKN Nusantara.

Proyek lanjutan tersebut adalah 4 proyek kereta api di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan mulai proses pembangunannya pada tahun 2025.

Baca Juga: Kabut Asap Makin Pekat di Kota Padang, Bukit Barisan Hilang dari Padangan

"Ada 4, kereta api bandara, perkotaan di dalam KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan), perkotaan di dalam Kalimantan, dan intercity," ungkap Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal seperti dikutip Kamis, 14 September 2023.

"(Pembangunan) nanti setelah 2025-2029," tambahnya.

Proyek pembangunan jaringan jalur kereta api bertujuan untuk memudahkan akses pergerakan masyarakat baik antarkota maupun di dalam kota.

Adapun, proyek transportasi ini juga akan dikembangkan sebagai interkoneksi dengan sistem jaringan jalur wilayah nasional, Pulau Kalimantan, Provinsi Kalimantan Timur, dan antarwilayah dalam IKN.

Baca Juga: Gandeng UI, BNI Luncurkan Platform Digital Campus Financial Ecosystem

Dikutip dari tender-indonesia.com, Jaringan jalur kereta api ini nantinya akan dikembangkan untuk melayani perjalanan antarkota dan perkotaan.

Jaringan jalur kereta api antarkota akan menghubungkan Banjarmasin - Pantai Lango - Karang Joang - Sp Samboja - Samarinda.

Terdapat pula jalur kereta api antarkota yanga akan menghubungkan wilayah perencanaan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Mencakup juga wilayah perencanaan IKN Barat - Wilayah perencanaan IKN Timur - Sp Samboja - Karang Joang - Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Baca Juga: Mau Aman Ajukan Pinjaman? Simak Deretan Aplikasi Pinjaman Online Legal Hingga Dapatkan Bunga Rendah

Sedangkan, jaringan jalurkereta api perkotaan akan menghubungkan wilayah perencanaan KIPP - wilayah perencanaan IKN Barat - wilayah perencanaan IKN Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat