bdadinfo.com

Sudah punya Jembatan Ogan yang Panjang, Ehh Sumatera Selatan Masih Mau yang Lebih Panjang, Rampung Tahun 2024! - News

Jembatan Ogan di Sumatera Selatan saat proses pembangunan beberapa waktu lalu (Dok: Kementerian PUPR)

- Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah di Pulau Sumatera yang dikenal memiliki banyak aliran sungai.

Banyaknya aliran sungai di Sumatera Selatan ini juga berbanding lurus dengan keberadaan jembatan yang berdiri di atas sungai.

Sumatera Selatan juga dikenal sebagai salah satu rumah dari beberapa jembatan yang ikon dan sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ternyata Pembebasan Lahan Proyek Kelok 18 yang Bakal Saingi Sumbar Sudah Rampung, Lanjut ke Pembangunan Fisik!

Salah satunya tentu Jembatan Ampera yang berada di Kota Palembang dan juga jembatan yang berada di sebuah jalan tol, yaitu Jembatan Ogan.

Jembatan Ampera sendiri merupakan sebuah jembatan yang menjadi lambang dari Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan itu sendiri dan telah ada sejak awal kemerdekaan.

Sementara jembatan tol Ogan adalah salah satu jembatan jalan tol terpanjang di Indonesia yang berada di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga: Waduh! Jogja Ternyata lagi Siap-Siap Bangun Kelok 18 yang Bakal Saingi Kelok 9-nya Sumatera Barat, Emang Bisa?

Jembatan Ogan berdiri untuk menghubungkan seksi 1 (satu) Jalan Tol Kayu Agung – Palembang (Kramasan) – Betung dengan Jalan Lintas Timur Sumatera.

Jembatan Ogan saat ini memegang predikat sebagai jembatan jalan tol terpanjang di Indonesia.

Jembatan Ogan memiliki panjang 1,6 km dan berdiri di atas Sungai Musi yang mengalir melewati beberapa wilayah di Sumatera Selatan.

Baca Juga: Garap Proyek Jalan Hubung Baru Dua Kabupaten, Gubernur Sumbar Tinjau Langsung ke Lokasi!

Namun, rekor jembatan jalan terpanjang tersebut sebentar lagi akan dipecahkan oleh jembatan jalan tol lain yang ada di Pulau Sumatera.

Menariknya, pemecah rekor jembatan jalan tol terpanjang di Indonesia tersebut juga hadir dari sang pemegang rekor sementara, yakni Provinsi Sumatera Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat