bdadinfo.com

Waduh, Proyek Pembangunan Rumah Sakit Regional di Langsa Aceh Mandek! Plt Wali Kota Menghadap Moeldoko - News

Proyek pembangunan Rumah Sakit Regional di Kotamadya Langsa, Aceh Timur yang tersendat.  (Dok BPKP)

- Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Langsa Syaridin menghadap ke Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, di gedung Bina Graha, Jakarta Rabu 4 Oktober 2023.

Kedatangan Syaridin bertemu Moeldoko untuk melapor terkait masalah proyek pembangunan Rumah Sakit Regional di Kotamadya Langsa, Aceh Timur yang tersendat

Adapun tertundanya proyek pembangunan rumah sakit tersebut lantaran adanya perubahan prioritas anggaran dari pemerintah. 

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng! Ini yang Akan Terjadi Jika Kita Kurang Tidur

Anggaran Rp1,2 triliun yang tadinya bakal dituangkan pendistribusiannya macet. Sampai saat ini, anggaran yang turun baru sejumlah Rp169 miliar. 

Moeldoko segera memerintahkan tenaga profesional Kantor Staf Presiden (KSP) untuk membantu penyelesaian masalahnya. “Ini kalau dibiarkan malah akan jadi barang mangkrak,” kata Moeldoko.

Sesuai fungsi KSP sebagai debottlenecking program-program prioritas nasional, Moeldoko meminta untuk segera dilakukan rapat dengan kementerian terkait agar Pembangunan Rumah Sakit Langsa bisa segera dilanjutkan. Meskipun, Moeldoko menyadari saat ini sudah menjelang akhir tahun sehingga mengubah alokasi anggaran bukan soal mudah.

Baca Juga: Riau Jadi Episentrum Seperti Jakarta, Provinsi Riau Miliki Tol Lingkar Pekanbaru yang Terkoneksi 3 Ruas JTTS

“Tapi tetap harus kita upayakan. Kalau bisa dalam pekan ini harus sudah jelas,” kata Moeldoko. 

Rumah Sakit Regional Langsa ini sebelumnya masuk dalam bagian rencana Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Aceh.

Secara fisik bangunan dan lahan, menurut Plt Walikota Langsa, saat ini baru mencapai 40 persen. Dia khawatir jika hingga Otsus berakhir pada 2027, proyek ini belum juga selesai maka akan menjadi sia-sia.

Baca Juga: Waduh! Jangan Buru-buru Buka Minimarket Modern, Kenali Risiko Jika Join dengan Sistem Waralaba

Rumah Sakit Regional Langsa ini diproyeksikan menjadi penopang kesehatan bagi wilayah Aceh Timur, sekaligus Sumatera Utara bagian barat. 

Letaknya yang strategis, berada di depan gerbang tol Trans-Sumatera, membuatnya memiliki potensi besar untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat