bdadinfo.com

Jangan Anggap Enteng! Ini yang Akan Terjadi Jika Kita Kurang Tidur - News

Ilustrasi (pinterest.com)




- Tidur malam yang nyenyak dapat membuat kamu merasa berenergi baik tubuh maupun pikiran, siap menjalani hari. Namun tahukah kamu bahwa tidur juga mendukung banyak proses lainnya, seperti pembelajaran dan memori, pengaturan emosi, fungsi kardiovaskular dan metabolisme, serta pembuangan racun dari tubuh?

Sayangnya, tidur adalah masalah yang dihadapi banyak orang. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa 70 juta orang Amerika menghadapi masalah tidur kronis. Tidur malam yang buruk dapat menyebabkan kelelahan, masalah konsentrasi, kemurungan, sakit kepala, dan banyak lagi.

Bagi banyak dari kita, tidur bisa menjadi lebih mudah dengan menambahkan beberapa kebiasaan sehat ke dalam rutinitas kita sebelum tidur.

Baca Juga: Baznas Agam Salurkan Zakat Program Pemerintah untuk Ratusan Mustahik

Berapa banyak waktu tidur yang sebenarnya kita butuhkan? Berdasarkan pada penelitian pembagian menjadi sembilan kategori spesifik usia, dengan sedikit rentang yang memungkinkan preferensi individu:

Dewasa, 65+ tahun: 7 hingga 8 jam.
Dewasa, 26 hingga 64 tahun: 7 hingga 9 jam.
Dewasa muda, 18 hingga 25 tahun: 7 hingga 9 jam.
Remaja, 14 hingga 17 tahun: 8 hingga 10 jam.
Anak usia sekolah, 6 hingga 13 tahun: 9 hingga 11 jam.
Anak prasekolah, 3 sampai 5 tahun: 10 sampai 13 jam.
Balita, 1 hingga 2 tahun: 11 hingga 14 jam.
Bayi, 4 hingga 11 bulan: 12 hingga 15 jam.
Bayi baru lahir, 0 hingga 3 bulan: 14 hingga 17 jam.

Dokter juga menemukan bukti bahwa faktor genetik, perilaku, dan lingkungan membantu menentukan berapa banyak tidur yang Anda perlukan untuk kesehatan terbaik dan kinerja harian Anda.

Yuk simak apa yang terjadi jika kamu kurang tidur, kurang tidur berdampak negatif pada kesehatan kamu dalam banyak hal. Dibawah ini merupakan beberapa masalah jangka pendek akibat kurang tidur:

Baca Juga: Masa Jabatan Segera Berakhir, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman Izin Pamit

Kurangnya kewaspadaan. Bahkan melewatkan 1,5 jam saja dapat berdampak pada perasaan kamu.
Mengantuk secara berlebihanan di siang hari. Ini bisa membuat kamu sangat mengantuk dan lelah di siang hari.
Gangguan memori. Kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan kamu berpikir, mengingat, dan memproses informasi.
Stres hubungan. Hal ini dapat membuat kamu merasa murung dan lebih mudah berkonflik dengan orang lain.
Kualitas hidup. Kamu mungkin menjadi kurang berpartisipasi dalam aktivitas normal sehari-hari atau berolahraga.
Kemungkinan lebih besar untuk kecelakaan mobil. Mengemudi dalam keadaan mengantuk dapat menyebabkan ribuan kecelakaan, cedera, dan kematian setiap tahunnya.

Beberapa masalah potensial paling serius yang terkait dengan kurang tidur kronis adalah tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung, atau stroke. Masalah potensial lainnya termasuk obesitas, depresi, berkurangnya fungsi sistem kekebalan tubuh dan rendahnya gairah seks.

Baca Juga: Hubungan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Proklamasi Kemerdekaan, Kunci Jawaban PKn Kelas 8 Halaman 29

Lalu bagaimana sih cara mendapatkan tidur yang cukup?
Kamar tidur yang bersih mempengaruhi dan membantu kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Kamu dapat melakukan rutinitas dan membuat kemar tidur nyaman untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Kamu mungkin perlu mencoba beberapa cara untuk mengetahui metode mana yang efektif. Namun penting juga untuk diketahui bahwa meningkatkan kebersihan tidur mungkin tidak menyelesaikan masalah tidur atau gangguan kesehatan mental.

 Jika kamu sulit tidur, dan tidak dapat menemukan cara sehat untuk meningkatkan kualitas tidur, sebaiknya bicarakan dengan dokter atau ahli kesehatan mental.

Dibawah ini merupakan beberapa contoh aktivitas rutinitas sebelum tidur yang bisa kamu coba!

1. Ciptakan Rutinitas Sebelum Tidur
Mengulangi rutinitas secara konsisten setiap malam akan membantu memberi sinyal pada tubuh kamu bahwa sudah hampir waktunya istirahat. kamu bisa melakukan rutinitas dengan meminum teh pepermint untuk meningkatkan relaksasi, mandi air hangat, mengenakan piyama yang nyaman, menyikat gigi, membaca buku, melakukan perenggangan ringan ataupun mendengarkan meditasi tidur.

2. Singkirkan ponsel pintar dan tablet
Perangkat elektronik membuat pikiran kamu terus teralihkan dan jauh dari kondisi rileks yang perlu kamu capai sebelum tidur. Sebaiknya simpan perangkat seperti ponsel pintar dan tablet setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.

3. Kelola kekhawatiran
Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran atau kekhawatiran kamu sebelum tidur. Kamu bisa catat apa yang ada dalam pikiran dan sisihkan untuk besok. Manajemen stres mungkin bisa membantu. Mulailah dengan hal-hal mendasar, seperti mengatur, menetapkan prioritas, dan mendelegasikan tugas. Meditasi juga dapat meredakan kecemasan.

4. Pastikan Kamar Tidur Anda Nyaman
Idealnya, kamar tidur adalah tempat yang sejuk dan gelap sehingga tidak ada suara keras yang menghalangi untuk tertidur. Jika ada cahaya yang masuk ke dalam kamar Anda, coba tutupi dengan tirai anti tembus pandang atau masker tidur. kamu juga dapat mencoba mesin white noise atau penyumbat telinga untuk meredam suara apa pun.

Menyebarkan minyak esensial di kamar juga dapat membantu membuat kamu tertidur. Misalnya, menghirup lavender telah terbukti meningkatkan kualitas tidur pada orang yang melaporkan sendiri masalah tidurnya.

5. Hindari Alkohol dan Kafein Sebelum Tidur
Alkohol dan kafein merupakan stimulan energi dan juga stimulan kandung kemih. Jika kamu sulit tidur, cobalah membatasi asupan alkohol dan kafein di siang hari, terutama sebelum tidur.

6. Aktif Secara Fisik di Siang Hari
Rutinitas siang hari sama pentingnya dengan rutinitas sebelum tidur. Memasukkan latihan fisik secara teratur ke dalam rutinitas dapat membantu kamu merasa lebih lelah di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur kamu. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat