bdadinfo.com

Diklaim Bisa Tahan 1 Abad, Jembatan Rp277,6 Miliar di Provinsi Riau Punya Lift Penumpang Pertama di Indonesia - News

Dibangun dengan dana yang luar biasa, jembatan ini dirancang dengan sistem cable stayed yang disebut-sebut bisa berumur 1 Abad.

 - Infrastruktur jembatan yang telah dibangun di Indonesia selalu mempunyai ciri khas dengan daya tarik tersendiri.

Indonesia sendiri mempunyai banyak jembatan yang jadi ikon dari kota tersebut, misalnya Jembatan Ampera, Jembatan Pasupati, dan lainnya.

Seperti halnya yang terjadi di salah satu jembatan yang berlokasi di Provinsi Riau, telah menjadi salah satu ikon wisata andalan Kabupaten Siak.

Baca Juga: Intervensi Serentak Penanganan Stunting, Pj Wako Padang Launching Program Inovasi Pelayanan Anak Terintegrasi

Bernama Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, jembatan ini dibangun diatas Sungai Siak yang terletak di Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Dibangun dengan dana yang luar biasa, jembatan ini dirancang dengan sistem cable stayed yang disebut-sebut bisa berumur 1 Abad.

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah adalah jembatan dengan panjang 1.196 meter yang terletak diatas Sungai Siak. Dibangun sejak 27 Desember 2002 dan diresmikan pada 11 Agustus 2007 oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, serta menghabiskan dana Rp277,65 miliar yang bersumber dari APBD murni Kabupaten Siak.

Terbentang diatas sungai sepanjang 300 meter bahkan bisa menampung beban sebanyak 28 ton. Jembatan ini memiliki dua menara dengan ketinggian 80 meter dengan ukuran 10 x 5 meter dipergunakan untuk ruang makan.

Jembatan ini dilengkapi fasilitas lift. Lift jembatan cable stayed ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menempel pada struktur pylon sebagai tempat pengikat kabel (cable stayed) dengan tinggi 73,35.

Baca Juga: Buka MTQN ke-41 Tingkat Kecamatan Nanggalo, Pj Wako Padang: Ini Momen bagi Generasi Muda Kembali Ke Surau!

Lift ini diresmikan oleh Bupati Siak Alfedri bertepatan dengan HUT Siak ke-24. Alfredi menyatakan bahwa pembukaan lift tersebut diharapkan bisa menambah daya tarik wisata di Siak.

Dilansir dari mediacenter.riau.go.id, pada 21 Juni 2024, "Pengoperasian lift Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah bertepatan pada peringatan hari jadi Kabupaten Siak ke 24 tahun," ucap Alfedri.

Hadirnya lift di jembatan diharapkan akan menambahkan daya tarik wisata, karena pemandangan yang disajikan di bawah lift memperlihatkan keindahan Sungai Siak yang merupakan sungai terdalam di Indonesia.

Sungai dan Kota Siak sangat jelas dilihat dari puncak lift, dan meyakini bahwa lift ini akan menjadi salah satu ikon pariwisata Kabupaten Siak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat