bdadinfo.com

Viral Video Pengungsi Rohingya Masuk Perairan Padang Pariaman, Kapolsek Nan Sabaris: Hoaks! - News

Viral diduga kapal milik pengungsi Rohingnya masuk perairan Sumatera Barat ternyata hoaks.  (Tangkap layar Youtube/@gpscinema9010)

- Sebuah video viral beredar di dunia maya yang menyebut para pengungsi Rohingya masuk perairan Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Disebutkan dalam video tersebut sejumlah 385 pengungsi Rohingnya memsuki perairan Padang Pariaman menggunakan 5 buah kapal.

Namun, ternyata kabar tersebut hoaks. Hal ini seperti diungkapkan Kapolsek Nan Sabaris, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Iptu Fahnedi.

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Kolaborasi dengan Diskominfo Bukittinggi, Terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dilansir dari Tribun Padang, Selasa, 16 Januari 2023, Fahnedi menyangkal kabar masuknya pengungsi Rohingya ke perairan Padang Pariaman tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Fahnedi setelah melakukan pengecekan di sepanjang garis pantai wilayah hukum Polres Nan Sabaris.

"Sejak mendapat informasi kita langsung melakukan penyisiran mulai dari Pantai Tiram hingga Pantai Sunur. Hasilnya nihil," tegas Fahnedi.

Baca Juga: 25 Mahasiswa Politeknik Negeri Padang Dapat Beasiswa dari Bank Nagari

Fahnedi pun mengungkapkan bahwa kabar tersebut hoaks usai jajarannya juga melakukan pengecekan dengan bertanya ke nelayan dan warga setempat.

Polres Padang Pariaman, kata Fahnedi, juga turut melakukan pengecekan. Hasilnya sama, tidak ditemukan kebenaran kabar tersebut.

"Hasilnya sama, jadi memang tidak ada pengungsi Rohingya masuk ke wilayah hukum Polres Padang Pariaman," ujarnya.

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Buka Peluang Dosen Lanjutkan Studi di Luar Negeri

Masyarakat juga dihimbau agar tidak termakan isu hoaks yang beredar dan lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi.

Kabar hoaks masuknya 385 pengungsi Rohingya awalnya beredar di akun Youtube @gpscinema9010 dan diunggah kembali oleh beberapa akun Instagram.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat